In-depth

Menanti Pembuktian Samuel Reimas di Bali United, Bisakah Geser Wawan Hendrawan?

Minggu, 29 September 2019 10:22 WIB
Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kiper Bali United, Samuel Reimas, mengamati pergerakan Stefano Lilipaly.. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kiper Bali United, Samuel Reimas, mengamati pergerakan Stefano Lilipaly..

INDOSPORT.COM - Samuel Reimas akan dijadikan kiper utama oleh pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menggantikan Wawan Hendrawan yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

Bali United dipastikan akan kehilangan salah satu pilar pentingnya yakni kiper Wawan Hendrawan, lantaran dipanggil oleh Simon McMenemy untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kepastian itu diketahui melalui surat panggilan dari PSSI dengan nomor 3945/AGB/1339/IX-2019. Wawan tak sendiri, ada tiga rekannya di Bali United yang juga harus ikut pemusatan latihan yakni Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim.

Keempatnya dijadwalkan akan bergabung pada 01 Oktober 2019 untuk berkumpul melakukan TC di Jakarta nanti, untuk menghadapi Uni Emirat Arab tanggal 10 Oktober 2019 (away), dan Vietnam tanggal 15 Oktober 2019 (home).

Ditinggal Wawan Hendrawan, tentu sebuah kerugian besar bagi Bali United karena mereka saat ini tengah tengah berjuang mempertahankan posisi puncak, untuk meraih gelar juara Liga 1 2019.

Apalagi Wawan adalah kiper utama yang cukup tangguh, dan sudah terbukti kualitasnya. Hal itu bisa dilihat dari statistik jumlah gol kebobolannya yang baru 12 kali kemasukan, dan sudah menciptakan 9 clean sheets dari 19 pertandingan.

Meski berat, Bali United terpaksa harus merelakan kiper bejuluk Spiderwan itu untuk mengenakan jersey merah berlambang Garuda di dada.

"Pastinya selalu siap kapan pun. Karena tujuan pemain bola itu muaranya ke Timnas, itu pasti," ucap Wawan pada 9 September 2019 lalu.

Bisa Gantikan Wawan Hendrawan, Samuel Reimas?

Absennya Wawan Hendrawan otomatis menaikan pangkat kiper kedua Bali United, Samuel Reimas menjadi penjaga gawang utama. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh pelatih Stefano Cugurra Teco.

“Seperti yang saya bilang, kalau dipercaya harus bisa buktikan agar kepercayaan yang dikasih tidak sia-sia,” tegas Samuel Reimas.

Namun masalahnya adalah, kiper asal Papua ini sudah cukup lama tidak dimainkan di kompetisi resmi, sejak ia bergabung awal musim ini dari Perseru ke Bali United karena posisi Wawan yang sulit tergantikan.

Punya Kualitas Nomor Wahid

Bahkan hingga pekan ke-20 ini, Teco belum juga memberi dirinya kesempatan bermain andai Wawan tak berhalangan tampil. Padahal, Samuel Reimas sendiri bukanlah kiper dengan kualitas ecek-ecek.

Hal itu dibuktikan kala memperkuat Perseru Serui di Liga 1 2018 lalu. Ia tampil cukup menawan, dengan statistik 10 kali clean sheets dari 25 pertandingan.

Catatan tersebut membuat Reimas menjadi kiper dengan clean sheets terbanyak ketiga di Liga 1 2018 setelah Jandia Eka Putra dan Wawan Hendrawan.

Berangkat dari catatan itu, Teco pun percaya bahwa Reimas mampu menggantikan peran Wawan, dan memberi kontribusi terbaiknya bersama Bali United.

"Saat Wawan membantu Timnas, Samuel (Reimas) siap membantu Bali United di sini. Samuel, kita tahu tahun ini dia belum main, tapi musim lalu di Perseru Serui, dia main bagus dan beberapa kali clean sheet. Saya pikir dia pemain yang siap membantu Bali United,” kata eks juru taktik Persija itu.

Bertandang ke markas PSIS Semarang di pekan ke-22 Liga 1 2019 di Stadion Madya Magelang pada Jumat (04/10/19), kemungkinan besar akan menjadi laga debut Samuel Reimas di bawah mistar gawang Serdadu Tridatu.

“Semoga saja kalaupun ini debut nanti akan jadi debut yang manis. Kalau beban ada lah, ini laga awal yang sangat berat menurut saya,” jelas kiper berusia 27 tahun itu.