Liga Indonesia

Fakta-fakta Julius Josel, Pemain Baru Persib Titisan Ezechiel N’Douassel

Senin, 30 September 2019 21:21 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© persib.co.id
Dua pemain Persib Bandung, Ezechiel N’Douassel dan Julius Josel Copyright: © persib.co.id
Dua pemain Persib Bandung, Ezechiel N’Douassel dan Julius Josel

INDOSPORT.COMPersib Bandung resmi mengikat pemain muda asal Papua, Julius Josel, untuk memperkuat tim Maung Bandung pada paruh kedua Shopee Liga 1 2019.

Julius Josel dipromosikan pelatih Robert Rene Alberts dari tim U-20 setelah menunjukkan permainan mengesankan di Elite Pro Academy Liga 1 U-20. Ia menerima kontrak hingga Desember 2020.

Tidak banyak yang mengenal Julius Josel sebelum naik kelas ke tim senior Persib Bandung. Ia bahkan masih berstatus mahasiswa di Fakultas Pendidikan Olahraga Kesehatan (FPOK), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

“Sebelum masuk Persib tujuan awalnya kuliah di UPI ambil olahraga di FPOK. Saya rencananya ikut seleksi tahun-tahun berikutnya, tapi jalan Tuhan lain,” kata Julius Josel, Minggu (29/9/19).

Pemain berusia 21 tahun itu akan memberi warna baru di skuat Persib Bandung. Ia bisa menjadi solusi dari inkonsistensi penampilan Persib Bandung di Liga 1.

Untuk itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com merangkum fakta-fakta Julius Josel, pemain baru Persib Bandung asal Papua.

Lahir di Bandung

Banyak yang mengira Julius Josel lahir di Tanah Papua. Ternyata, ia lahir dan besar di Ciumbuleuit, Kota Bandung pada 21 September 1998.

Ayahnya berasal dari Raja Ampat, sementara sang ibu dari Biak. Semasa muda, ayah Julius Josel juga mengenyam pendidikan di Bandung, sementara ibunya merupakan anggota TNI di Pusdikoad, Lembang, Kabupaten Bandung.

Seangkatan dengan Todd Ferre

Julius Josel ternyata bukan anak kemarin sore. Ia telah memiliki segudang pengalaman di kompetisi usia muda sepak bola Indonesia.

Ia masih satu angkatan dengan bintang Persipura Jayapura dan eks timnas Indonesia U-19, Todd Rivaldo Ferre. Pada musim 2017, ia ikut mengangkat trofi juara Liga 1 U-19.

Setahun berikutnya, Julius Josel bergabung dengan Persib Bandung. Bersama Beckham Putra Nugraha, ia ikut mengantarkan Maung Ngora juara Liga 1 U-19.

Mengidolakan Ezechiel

Julius Josel sebelumnya sudah pernah berlatih bersama tim senior Persib Bandung sejak akhir tahun 2018. Kesempatan itu ia manfaatkan untuk bertemu idolanya, Ezechiel N’Douassel.

Pemain Persib Bandung U-20 itu bahkan menjadikan Ezechiel sebagai figur contoh karena gaya permainannya yang kuat, ngotot, dan aktif mengejar bola.

Saking mengidolakan Ezechiel, Julius Josel mendapatkan panggilan N’Douassel dari rekan-rekan setimnya di Persib Bandung U-20 karena namanya yang mirip, Josel dan N'Douassel.