Liga Indonesia

5 Pesepakbola Asing Top Ini Ucap Syahadat Ketika Tampil di Indonesia

Kamis, 3 Oktober 2019 16:02 WIB
Penulis: Ahmad Priobudiyono | Editor: Yohanes Ishak
© Ligaindonesia.co.id
Danilo Fernando (ketika masih memperkuat Pusamania Borneo FC) adalah salah satu pemain asing yang berpindah agama ke Islam di Indonesia. Copyright: © Ligaindonesia.co.id
Danilo Fernando (ketika masih memperkuat Pusamania Borneo FC) adalah salah satu pemain asing yang berpindah agama ke Islam di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam paling banyak di dunia. Demografi tersebut secara tidak langsung turut memberikan pengaruh terhadap perjalanan religius sejumlah pesepakbola asing yang berkarier di Liga Indonesia.

Percaya atau tidak, sisi religius memberikan warna tersendiri yang menjadi bumbu sedap dalam dunia sepak bola. Kendati demikian asing-masing individu pemain memiliki pengalaman religius tersendiri yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Pengalaman spiritual yang mereka dapatkan di Indonesia, membuat sejumlah pesepakbola asing mantap memutuskan berpindah agama menjadi seorang muslim dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam ulasan 5 pesepakbola asing yang ucapkan dua kalimat syahadat saat bermain di Indonesia.

Antonio Claudio

Pemain asal Brasil, Antonio Claudio memutuskan masuk Islam saat memperkuat  Semen Padang pada 2010 silam. Kultur Islam yang kuat dan mengakar di Padang ikut mempengaruhi keputusannya untuk berpindah agama.

Mantan kapten Persija Jakarta ini terbilang lama berkiprah di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Ia sudah merumput di PSP Padang untuk Liga Indonesia musim 1995-1996.

Marcio Souza

Mantan pemain Persib Bandung dan Arema asal Brasil, Marcio Souza memutuskan untuk mengucap dua kalimat syahadat pada 2010, ketika ia masih memperkuat Semen Padang.

Keputusannya memeluk Islam disebabkan lantaran ia menemukan kedamaian saat sejumlah rekannya berbondong-bondong pergi ke masjid untuk menunaikan salat berjamaah di sela latihan atau pertandingan. Setelah mantap memeluk Islam, Souza pun lantas mengganti nama jadi Ahmad Marcio.

Danilo Fernando

Pemain asli Brasil, Danilo Fernando, memutuskan jadi mualaf pada Januari 2008 silam. Keputusannya masuk Islam setelah berkenalan dengan Windy Fitria Marzuki, yang kemudian menjadi istrinya.

Mantan pemain Persebaya Surabaya ini lantas mengganti namanya jadi Muhammad Danilo Fernando. Bahkan Danilo mengungkapkan dirinya rajin dalam menjalankan ibadah puasa.

Abanda Herman

Abanda Herman memutuskan masuk Islam pada 18 April 2013. Pemain berdarah Kamerun ini membaca dua kalimat syahadat dengan disaksikan langsung oleh sejumlah petinggi Persib Bandung ketika itu.

Pemain yang pernah merumput bersama Persegres Gresik itu memutuskan jadi Muslim lantaran lingkungan Islami kala memperkuat Persib. Kemudian mengganti namanya dengan Ahmad Abanda, dan mengaku mendapat kedamaian saat melihat rekan satu timnya salat berjamaah.

© Tribunnews/Facebook
Legenda Persija dan Persib, Abanda Herman Copyright: Tribunnews/FacebookAbanda Herman adalah pemain yang menjadi mualaf ketika bermain di Liga Indonesia.

Cristian Gonzales

Perkenalan Cristian Gonzales dengan Islam ketika pemain naturalisasi ini merumput bersama PSM Makassar 2003 silam. Kultur Islam yang mengakar di Makassar ikut mempengaruhi keputusan pemain yang kini menjadi warga negara Indonesia itu mantap beralih ke agama Islam.

Salah satu momen yang membuatnya teguh hijrah ke Islam adalah ketika melihat sang istri Eva Nurida Siregar usai berwudhu. Lalu, Gonzales mantap memutuskan untuk mengucap dua kalimat syahadat pada 9 Oktober 2003 di Surabaya, dan mengganti namanya menjadi Mustafa Habibi.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%