Liga Italia

Sebelum Ribery, Ada 3 Pemain Besar Eks Bayern Munchen yang Bermain di Fiorentina

Kamis, 3 Oktober 2019 20:03 WIB
Editor: Juni Adi
© Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Frank Ribery saat memperkuat Fiorentina di laga melawan Juventus Copyright: © Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Frank Ribery saat memperkuat Fiorentina di laga melawan Juventus

INDOSPORT.COM - Fiorentina membuat gebrakan besar dalam bursa transfer musim panas lalu. Bagaimana tidak, klub yang bermarkas di Stadion Artemio Franchi itu sukses memenangkan perburuan tanda tangan Franck Ribery.

Mantan bintang Timnas Prancis itu diboyong secara gratis setelah kontraknya di Bayern Munchen habis, dan akan diberikan kontrak selama dua musim dengan gaji sebesar 4 juta euro (Rp63 miliar) per musim, ditambah beberapa bonus sebagaimana diberitakan Football Italia.

Franck Ribery merupakan pemain ketujuh yang didatangkan Fiorentina di bursa transfer musim ini, setelah dilepas secara gratis oleh Bayern Munchen.

Sebelumnya, klub besutan Vincenzo Montella itu sudah merekrut enam pemain, yakni Erick Pulgar, Aleksa Terzic, Pol Lirola, Kevin-Prince Boateng, Milan Badelj, dan Riccardo Baroni.

"Halo Fiorentina. Babak baru bagi saya dan keluarga sudah dimulai. Saya merasa diberkati dan bahagia dengan menandatangani kontrak baru di klub hebat dan kota besar ini," tulis Ribery di akun media sosial Twitter-nya.

"Saya tak sabar melihat masa depan dengan rekan tim baru saya dan seluruh penggemar fantastis di sini," sambungnya.

Usut punya usut, ini bukanlah kali pertama Fiorentina mampu meyakinkan pemain dengan nama besar untuk bergabung dengannya, setelah sinarnya meredup bersama Bayern Munchen. Berikut beberapa nama lainnya:

1. Luca Toni

© Getty Images
Luca Toni mantan striker Timnas Italia Copyright: Getty ImagesLuca Toni mantan striker Timnas Italia

Fiorentina dan Italia pernah mempunyai sosok striker mematikan dalam diri Luca Toni pada medio 2005-2006. Ia bahkan turut mengantarkan Gli Azzuri memenangkan Piala Dunia tahun 2006 lalu di Jerman.

Penampilan gemilangnya dan sosok predator tajam, membuat Bayern Munchen tertarik memboyongnya pada tahun 2007 dengan biaya transfer 11,6 juta euro.

Bersama The Bavarians, Luca Toni telah memainkan 89 pertandingan, dan mencetak 58 gol serta 25 assist serta berhasil memenangkan tiga trofi domestik selama tiga musim di Alianz Arena.

Cedera Achilles dan perseteruan dengan pelatih Louis van Gaal yang membuat kariernya di Jerman berakhir dan ia hengkang pada tahun 2010. Ia kembali ke Fiorentina tiga tahun berselang, dan menikmati satu musim produktif sebelum menuju Hellas Verona.

2. Mario Gomez

© CHRISTOF STACHE/AFP/Getty Images
Mario Gomez saat masih bersagam Bayern Munchen. Copyright: CHRISTOF STACHE/AFP/Getty ImagesMario Gomez saat masih bersagam Bayern Munchen.

Mario Gomez merupakan salah satu striker tajam yang pernah membela Bayern Munchen. Ia mencetak 113 gol dalam 174 penampilan di semua kompetisi untuk Bayern dari medio 2009 hingga 2013 dan mengangkat tujuh trofi.

Ia juga turut membawa Die Rotten memenangkan treble pada musim 2012/13. Namun sayang, gelar tersebut jadi yang terakhir yang bisa ia berikan sebelum memutuskan hengkang ke Fiorentina.

Namun, kiprah penyerang itu di Italia tidak beruntung. Cedera ligamen lutut membuatnya hanya tampil dalam 21 pertandingan di Serie A sebelum dipinjamkan ke Besiktas pada musim 2015-16. Gomez membantu mereka memenangkan Liga Super Turki.

3. Stefan Effenberg

Stefan Effenberg merupakan salah satu nama besar di sepak bola Jerman dan jadi salah satu legenda Bayern Munchen. Tiga gelar Bundesliga dan satu gelar Liga Champions tahun 2001 menandakan kesuksesannya.

Sebelum merajut prestasi bersama Die Rotten, Effenberg pernah menghabiskan dua tahun di Fiorentina.

Namun sayang, Effenberg mengalami musim pertama yang menyedihkan karena Fiorentina terdegradasi dari Serie A. Dia membantu mereka bangkit kembali ke kasta tertinggi sebagai juara Serie B, sebelum kembali ke Jerman bersama Borussia Monchengladbach.