Liga Italia

On This Day: Lahirnya Zlatan Ibrahimovic, Si Pemberi Gelar Liga Italia Terakhir Bagi AC Milan

Kamis, 3 Oktober 2019 06:15 WIB
Editor: Coro Mountana
© Claudio Villa/Getty Images
Ibrahimovic saat masih berseragam AC Milan Copyright: © Claudio Villa/Getty Images
Ibrahimovic saat masih berseragam AC Milan

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, 3 Oktober 1981, lahir salah satu pesepak bola paling berbakat di masanya. Siapa lagi kalau bukan Zlatan Ibrahimovic.

Zlatan Ibrahimovic adalah seorang pencetak gol yang produktif dengan ditunjang kemampuan teknis, kekuatan, akrobat dan tembakan yang keras. Semua atribut itu didapatkan berkat latihan bela diri karatenya sehingga tak jarang gol diciptakan mirip dengan gerakan karate.

Lahir di Malmo, Swedia, Ibrahimovic memulai karier profesional sepak bolanya dengan berada di Malmo FF pada 1999. Hanya berselang dua tahun, dia pun memilih hengkang ke Ajax Amsterdam dan berkembang menjadi salah satu pemain paling menjanjikan di Eropa.

Melihat potensinya yang sangat besar, Juventus pun kepincut dan segera meminangnya untuk bermain di Liga Italia pada 2004. Kemampuan Zlatan Ibrahimovic semakin terasah di Juventus karena Liga Italia berisi para bek-bek kuat di dunia dan itu merupakan tantangan baginya.

Sayang, Juventus tersandung kasus pengaturan skor sehingga Ibrahimovic memutuskan hengkang ke klub rival, Inter Milan pada 2006. Kemampuannya sebagai penyerang semakin matang di Inter Milan sehingga membuat Barcelona ingin mendatangkannya.

Namun hubungan yang tak harmonis dengan pelatih Barcelona saat itu, Pep Guardiola membuat kariernya di sana sangat singkat dengan hanya semusim saja. Pada 2010, Ibrahimovic pun memutuskan hengkang ke AC Milan.

Usia yang sudah mulai menua membuat Ibrahimovic memilih kompetisi yang tidak terlalu ketat seperti Ligue 1 Prancis bersama Paris Saint-Germain. Namun panggilan dari Manchester United tak bisa ia acuhkan pada 2016 sehingga membuatnya hengkang ke Liga Inggris.

Namun memang usia sudah tak bisa ditawar, Ibrahimovic sempat alami cedera panjang yang membuatnya absen lama. Kini ia sudah bahagia bersama klub Liga Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy.

Beragam gelar pernah dimenangi yang uniknya ia selalu mampu membawa timnya menjuarai liga domestik, kecuali Manchester United. Dari sekian banyak gelimang gelar itu, Ibrahimovic ternyata tak pernah memenangi Liga Champions.

Satu lagi keunikan Zlatan Ibrahimovic yaitu dirinya memiliki keistimewaan bisa membela tiga klub terbesar di Italia yang sering bermusuhan yaitu Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

Khusus untuk AC Milan, nama Ibrahimovic masih diagungkan karena ia yang berhasil membawa gelar scudetto terakhir edisi 2010-2011.