Bola Internasional

Termasuk Egy Maulana Vikri, Berikut 6 Pemain Asia Tenggara yang Tampil di Eropa

Sabtu, 5 Oktober 2019 20:15 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© http://lechia.pl
Egy Maulana Vikri tengah mengontrol bola pada laga saat melawan Wisla Krakow. Copyright: © http://lechia.pl
Egy Maulana Vikri tengah mengontrol bola pada laga saat melawan Wisla Krakow.

INDOSPORT.COM - Termasuk bintang muda Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri, berikut deretan pemain asal Asia Tenggara yang berhasil tampil dan memperkuat klub Benua Eropa.

Memulai debut karier di benua Eropa adalah sebuah impian yang tentu saja sangat diidam-idamkan oleh para pesepak bola profesional di seluruh dunia. 

Tak terkecuali di wilayah Asia bagian Tenggara. Tentu tidak semua pesepakbola dapat berlaga di Benua Eropa, hanya segelintir saja yang memiliki skill di atas rata-rata pemain berbakat yang mampu hingga sampai ke sana.

Salah satunya adalah bakat muda Indonesia yakni Egy Maulana Vikri yang tampil di kasta teratas Liga Polandia. Selain Egy, masih ada beberapa pemain lagi yang memiliki kesempatan merumput di lapangan hijau benua Eropa.

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum enam pemain asal Asia Tenggara yang berhasil mentas di kompetisi Eropa:

Egy Maulana Vikri

© lechia.pl
Egy Maulana Vikri saat mengontrol bola ketika laga Piast Gliwice vs Lechia Gdansk, Minggu (14/07/19). Foto: lechia.pl Copyright: lechia.plEgy Maulana Vikri saat mengontrol bola ketika laga Piast Gliwice vs Lechia Gdansk, Minggu (14/07/19). Foto: lechia.pl

Egy Maulana Vikri mulai dikenal namanya ketika berlaga di timnas Indonesia U-19. Sejak 2018 sampai sekarang, ia bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk. Kini, pemain yang genap berusia 19 tahun ini masih mengembangkan kariernya di Eropa.

Neil Etheridge

© INDOSPORT
Neil Etheridge. Copyright: INDOSPORTNeil Etheridge.

Neil Etheridge adalah pesepak bola pertama dari Asia Tenggara yang telah bermain di Liga Inggris yang notabene kompetisi terbaik dunia. 

Kiper andalan timnas Filipina berusia 29 tahun ini sempat merasakan rumput hijau persaingan Liga Inggris 2018-2019, kendati Cardiff City terdegradasi ke Divisi Championship.

Doan Van Hau

© Zing.vn
Doan Van Hau wonderkid Timnas Vietnam yang bermain di dua tim Copyright: Zing.vnDoan Van Hau wonderkid Timnas Vietnam yang bermain di dua tim

Doan Van Hau adalah pesepak bola dari timnas Vietnam dan Hanoi FC. Pemail berusia 20 Tahun ini pernah ‘dijajal’ oleh Heerenven selama setahun dan mampu bermain pada posisi tengah dan kiri. Saat ini, Van Hau adalah satu-satunya pemain Asia di dalam skuat Heerenven.

Kawin Thamsatchanan

© ohl.be
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, kini berseragam Oud-Heverlee Leuven (OHL). Copyright: ohl.beKiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, kini berseragam Oud-Heverlee Leuven (OHL).

Kawin Thamsatchanan adalah seorang kipper kesebelasan timnas Thailand, yang pada tahun ini memperkuat timnas Belgia, OH Leuven, semenjak 2018.

Sebelum membela OH Leuven, Kawin tampil gemilang saat memperkuat Muangthong United selama 10 tahun yakni mulai tahun 2008-2018. Kini, Kawin Thamsatchanan telah memiliki 65 caps dengan timnas Thailand.

Kevin Ray Mendoza

Kevin Ray Mendoza adalah kipper blasteran Filipina-Denmark. Sepanjang karier sepak bolanya, dia berlaga di Eropa hingga saat ini ia memperkuat klub Denmark, HB Koge.

Meski belum pernah memainkan debut di timnas Filipina, namun dirinya telah digadang sebagai pilar pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

John-Patrick Strauss

© FC Erzgebirge Aue
Gelandang Timnas Filipina, John-Patrick Strauss. Copyright: FC Erzgebirge AueGelandang Timnas Filipina, John-Patrick Strauss.

John-Patrick Strauss adalah Gelandang dengan catatan delapan caps pada timnas Filipina yang juga merupakan produk akademi RB Leipzig yang berlaga di sana sampai 2017. Kini pria berusia 23 tahun tersebut berseragam klub Jerman, Erzgebirge Aue.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%