Liga Indonesia

PSS Sleman, Si Pendatang yang Hobi 'Menganggu' Raksasa Liga 1 Musim ini

Sabtu, 5 Oktober 2019 16:15 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Yevhen Bokhasvili berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan, Kamis (15/08/2019). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Yevhen Bokhasvili berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan, Kamis (15/08/2019).

INDOSPORT.COM - Beberapa catatan impresif PSS Sleman di Liga 1 musim ini, meski sebagai pendatang namun sering menyulitkan bahkan 'menggangu' kekuasaan tim-tim besar Indonesia.

Hingga pekan ke-22 Shopee Liga 1 Indonesia, tim PSS Sleman memang berhasil tampil impresif bahkan menjadi satu-satunya tim promosi yang bisa stabil penampilannya setiap pekan.

Total dalam 22 laga yang telah dijalani, PSS hanya menelan enam kekalahan dan meraup delapan kemenangan. Hasil tersebut membuat mereka merangsek masuk ke papan tengah klasemen dengan menduduki urutan ketujuh.

Menariknya, jumlah kekalahan yang didertita Super Elja tercatat lebih sedikit ketimbang Arema FC, yang kini bertengger di peringkat kelima atau dua strip di atas PSS Sleman.

Artinya andai PSS Sleman bisa lebih beruntung dengan meraih kemenangan dari beberapa hasil imbang mereka musim ini, mungkin saja tim besutan Seto Nurdiyantoro tersebut bisa menempati peringkat tiga besar hingga pekan ke-22.

Sebuah capaian manis bagi PSS Sleman musim ini, meski berstatus pendatang alias tim promosi namun beberapa kali Yevhen Bokhashvili dan kolega sukses menaklukan bahkan menggangu kedigdayaan tim-tim besar Liga 1.

Teranyar mereka bahkan mampu mengalahkan Bhayangkara FC di laga pekan ke-22, Jumat (4/10/19) kemarin. Bertanding di stadion PTIK, PSS Sleman sebagai tamu berhasil menang dengan skor dua gol tanpa balas.

Kemenangan tersebut membuat PSS Sleman sukses menghalangi Bhayangkara FC yang notabene juara Liga 1 musim 2017, meraih kemenangan dalam dua pertemuan beruntun musim ini.

Pada perjumpaan pertama di laga kandang, PSS Sleman juga sukse membuat Bhayangkara FC gagal menang. Di mana dalam pertandingan di stadion Maguwoharjo, Jumat (21/6/19) lalu tersebut, PSS Sleman bermain imbang 1-1.

Tak cuma Bhyangkara FC yang menjadi korban 'kejahilan' PSS Sleman di musim ini, masih ada beberapa tim besar Liga 1 yang juga mendapat kesialan saat bertemu Super Elja.

Sebut saja Madura United serta Persipura Jayapura, di mana keduanya tak pernah mampu meraih kemenangan dalam dua pertemuan kontra PSS Sleman di Liga 1 musim ini.

Saat menghadapi Madura United misalnya, PSS Sleman sukses meraih kemenangan tipis 1-0  di partai tandang serta menahan imbang 2-2 dalam pertandingan kandang di Sleman.

Sementara Persipura Jayapura berhasil dibuat pulang dengan satu poin dalam lawatannya ke Stadion Maguwoharjo, dan juga kembali bermain imbang di laga kandang saat berkunjung ke Papua.

Andai mampu menjaga penampilan impresif mereka hingga akhir musim dan terus memberi kejutan dengan tim-tim raksasa Liga 1, mungkin saja PSS bisa merangsek naik ke peringkat tiga besar dan mewakili Indonesia di Piala AFC musim depan.

Namun untuk mendapatkan kesempatan tampil di kancah Asia musim depan, PSS Sleman wajib berusaha keras lantaran jadwal pertadingan mereka hingga akhir musim nanti sangatlah berat.

Tercatat pada 12 pertandingan sisa di musim ini, PSS Sleman bakal menghadapi lawan-lawan berat seperti Bali United, PSM Makassar, Persebaya, Surabaya, hingga Persib Bandung.