Bola Internasional

Timnas Indonesia Pindah Kandang ke Bali, Vietnam Dihantui Kenangan Buruk

Sabtu, 5 Oktober 2019 16:05 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Vietnam punya kenangan buruk kala harus bermain di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Copyright: © INDOSPORT
Vietnam punya kenangan buruk kala harus bermain di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali.

INDOSPORT.COM – Laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara timnas Indonesia melawan Vietnam dipastikan akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Selasa (15/10/19). Kubu tamu punya kenangan buruk di Pulau Dewata.

Namun, rekor buruk itu bukan terjadi di level tim nasional, melainkan Piala AFC. Pada fase grup Piala AFC 2018, klub Vietnam, yakni FLC Thanh Hoa, menyerah dengan skor 1-3 dari Bali United sekaligus menandai cacat mereka dalam kunjungan ke Bali.

Kala itu, Bali United diperkuat oleh empat pemain yang kini menghuni timnas Indonesia, antara lain Wawan Hendrawan, Ricky Fajrin, Irfan Bachdim, dan Stefano Lilipaly. Keempatnya bahkan diturunkan sebagai starter oleh pelatih Widodo C. Putro.

Dalam laga tersebut, hanya Bachdim yang tak tampil penuh. Ia digantikan oleh Miftahul Hamdi pada pertengahan babak kedua. Pada menit ke-74, Lilipaly bahkan berhasil mencetak gol penutup ke gawang Tran Buu Ngoc.

Keempatnya tentu kembali berpeluang menyamai pencapaian tersebut di level timnas, terlebih mereka sudah akrab dengan atmosfer kandang sendiri. Dukungan penuh publik Bali memuat kuartet ini mengantarkan Bali United memuncaki klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Ada pun pertemuan terakhir Timnas Indonesia dan Vietnam terjadi pada 2016 di semifinal Piala AFF. Kala itu Indonesia berhasil melaju ke final dengan agregat 4-3. Manahati Lestusen menjadi pahlawan berkat eksekusi penaltinya.

Timnas Indonesia sedang berada pada masa sulit. Pasukan Simon McMenemy menjadi juru kunci Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 menyusul kekalahan dari Malaysia (2-3) dan Thailand (0-1). Laga ini bisa membuka harapan mereka untuk memperbaiki posisi di tabel klasemen.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%