Liga Indonesia

Bintang U-23 Liga 1 Pekan Ini: Todd Rivaldo Ferre, Napak Tilas Boaz Solossa

Minggu, 6 Oktober 2019 10:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media Officer Persipura
Todd Rivaldo Ferre saat mendapatkan kawalan dari pemain belakang PS TIRA Persikabo Copyright: © Media Officer Persipura
Todd Rivaldo Ferre saat mendapatkan kawalan dari pemain belakang PS TIRA Persikabo

INDOSPORT.COM - Liga 1 2019 pekan ke-22 telah usai dan setidaknya ada satu nama yang layak dijadikan bintang U-23, yaitu striker Persipura Todd Rivaldo Ferre.

Enam pertandingan di pekan ke-22, termasuk Persipura Jayapura yang berlaga, sudah mengeluarkan seluruh upaya terbaiknya untuk mendulang kemenangan.

Pada pekan ke-22 menyajikan Arema FC yang sukses mengalahkan PSM Makassar dengan skor 2-0. Lalu hal serupa juga dirasakan di laga lain.

PSS Sleman mampu mencuri tiga poin dari markas Bhayangkara FC usai menang dengan skor 2-0. Laga-laga lainnya juga ada yang berakhir kurang mengenakan.

Sementara itu, pertandingan Persipura Jayapura vs Tira Persikabo di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (02/10/19) lalu.

Laga tersebut berakhir dengan kemenangan untuk Mutiara Hitam dengan skor 3-0. Namun Persipura harus kehilangan bek Andre Riberio usai mendapat kartu merah dari wasit.

Racikan tangan dingin kepala pelatih Jacksen F. Tiago mampu membawa Persipura tampil begitu masif di sisa akhir putaran kedua Liga 1.

Kemenangan Persipura juga tak lepas dari gol-gol yang dikemas oleh Todd Rivaldo Ferre (5', 83') dan Boaz Solossa (90+1').

© Sudjarwo/INDOSPORT
Pemain Muda Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre saat hendak mengeksekusi tendangan bebas. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTPemain Muda Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre saat hendak mengeksekusi tendangan bebas. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

Menggunakan skema 4-3-3, Todd Rivaldo Ferre tampil di sisi kanan serangan Persipura. Pemain berusia 20 tahun itu tampil begitu gemilang.

Bagaimana tidak, pertandingan baru berjalan lima menit, Todd Rivaldo Ferre bisa memanfaatkan momentum di mulut gawang.

Berawal dari salah antisipasi sundulan bek lawan dalam membuang bola, Todd yang tak terkawal sukses mengamankan bola tersebut.

Sebelum akhirnya melepaskan tendangan keras yang tak bisa dihalau kiper lawan. Keunggulan tersebut membuat permainan Persipura meningkat.

Beberapa kali Todd Rivaldo Ferre sukses mencari posisi atau ruang kosong dalam membuat peluang. Tetapi masih bisa dimentahkan kiper lawan.

Todd Rivaldo Ferre kembali bisa menambah keunggulan untuk Persipura pada menit ke-83. Kala itu, Persipura menyerang dari sektor sebelah kiri.

Tak lama Taulubun melihat ruang kosong dari posisi Todd Rivaldo Ferre. Bola yang dioper dengan sempurna tak membuat pemain kelahiran Jayapura ini tak terburu-buru melepaskan tendangan.

Dirinya lebih menahan dulu sebelum akhirnya melepaskan tendangan keras ke pojok kanan kiper Tira Persikabo. Skor berubah menjadi 2-0.

Bahkan, Todd Ferre mampu membuat peluang di mana berakhir dengan wasit yang menunjuk titik putih akibat dianggap bek lawan melakukan pelanggaran.

Boaz yang menjadi algojo, sukses melepaskan tendangan yang tak bisa diblok kiper Tira Persikabo. Kemenangan ini sangat penting bagi Persipura.

Di sisi lain performa Todd Ferre bersama Persipura membuat dirinya sekilas memiliki napak tilas sang senior, yakni Boaz Solossa.

Jika terus dipercaya menjadi tulang punggung Persipura, kemungkinan besar Todd Ferre akan menggantikan peran Boaz di masa depan.