Liga Indonesia

Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan Ini: Jacksen F. Tiago, Magis Bukan Omong Kosong

Minggu, 6 Oktober 2019 10:37 WIB
Editor: Juni Adi
© Sudjarwo/INDOSPORT
Jacksen F. Tiago saat konferensi pers jelang laga Persipura Jayapura vs Kalteng Putra. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Jacksen F. Tiago saat konferensi pers jelang laga Persipura Jayapura vs Kalteng Putra.

INDOSOPRT.COM - Dari 6 pertandingan yang sudah digelar pada pekan ke-22 Liga 1 2019, muncul satu sosok yang layak menjadi pelatih terbaik pekan ini yaitu Jacksen F. Tiago.

Pasalnya, Jacksen sukses membawa Persipura meraih kemenangan meyakinkan atas tim papan atas, Tira Persikabo dengan skor 3-0 pada Rabu (02/10/19) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Mutiara Hitam -julukan Persipura- unggul lebih dahulu melalui gol cepat Todd Rivaldo Ferre menit ke-5 di babak pertama, dan tambahan dua gol di babak kedua melalui Todd Ferre lagi menit ke-83, serta satu gol Boaz Solossa menit ke-90+2.

Padahal, mereka sempat bermain dengan 10 orang, karena Andre Ribeiro mendapat kartu merah menit ke-63. Tapi keunggulan jumlah pemain gagal dimanfaatkan oleh anak asuh Rahmad Darmawan.

Hasil pertandingan ini membuat Persipura terus merangkak naik di papan klasemen, hingga kini menempati urutan ke-6 dengan 33 poin. Sedangkan Tira Persikabo, turun ke posisi 3 dengan 36 poin.

Torehan positif Persipura ini juga jadi bukti kehebatan Jacksen F. Tiago sebagai pelatih bertangan dingin. Sebab, hanya butuh beberapa bulan, ia berhasil menyulap tim asal Indonesia Timur itu jadi klub yang menakutkan.

Karena sebelum dilatih pria asal Brasil itu, Persipura sempat berkutat di papan bawah. Dari tujuh laga awal Liga 1 2019, mereka hanya bisa meraih empat poin tanpa satupun kemenangan (4 imbang, 3 kalah).

Setelah dilatih Jacksen usai dirinya dipecat oleh Barito Putera pada Juli lalu, Persipura perlahan tapi  pasti mulai bangkit. Kemenangan demi kemenangan diraih Boaz Solossa dan kolega.

Sejauh ini, Persipura asuhan Jacksen F. Tiago telah merasakan 9 kemenangan, 2 imbang dan baru 2 kali menelan kekalahan. Tak heran INDOSPORT menobatkan dirinya sebagai pelatih terbaik Liga 1 2019 pekan ke-22.