Liga Indonesia

Serdy Ephyfano Boky, Mutiara Baru dari Timur untuk Timnas Indonesia U-19

Senin, 7 Oktober 2019 21:28 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Serdy Ephyfano Boky, bek Timnas Indonesia U-19 Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Serdy Ephyfano Boky, bek Timnas Indonesia U-19

INDOSPORT.COM - Harapan baru untuk kekuatan Timnas Indonesia U-19 kembali muncul dari timur. Dia, Serdy Ephyfano Boky atau yang kerap disapa Serdy merupakan bek anyar untuk Garuda Muda yang berasal dari Jailolo, Maluku Utara.

Fakhri Husaini selaku Pelatih Timnas Indonesia U-19 menemukan bakat Serdy dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Maluku Utara. Dari kelima pemain PPLP yang dipanggil, Serdy termasuk yang bertahan hingga sejauh ini. Hal itu diungkapkan juru taktik asal Lhokseumawe, Aceh ini karena timnya saat ini butuh sosok seperti Serdy.

“Serdy ini memang beda dari pemain PPLP lainnya. Jujur, saya butuh pemain dengan postur yang tinggi seperti dia minimal kami punya striker yang ketika ia berdiri di area kotak penalti lawan jadi takutlah,” ujar Fakhri kepada INDOSPORT.

Lantas, bagaimana cerita dari Serdy tentang pengalaman pertamanya dilatih oleh Fakhri Husaini dan bergabung dengan Timnas Indonesia U-19? Kepada INDOSPORT, Serdy menuturkan.

“Saya bisa dipanggil ke sini karena tampil di Kejurnas Sepak Bola antar PPLP 2019, lalu akhirnya saya dipanggil oleh tim pemantau dari Timnas U-19 pada September lalu. Ini pertama kalinya saya dipanggil ke Timnas, tentunya saya merasa sangat bangga dan senang ya,” ungkap Serdy.

Selama menjalani pemusatan latihan dan proses seleksi, Serdy mengaku sempat mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

“Untuk adaptasi sebenarnya susah sih, karena banyak dari teman-teman di sini punya pengalaman dan jam terbang yang tinggi, sedangkan saya ini hanya pemain baru dari PPLP saja,” ujar penggemar dari Boaz Solossa ini.

“Percaya diri saja, karena kan keinginan saya ke sini supaya bisa lolos dan memperkuat timnas,” pungkasnya.