Liga Indonesia

26 Bakal Calon Pengurus PSSI Tak Lolos Verifikasi, Ada Nama Gusti Randa

Kamis, 10 Oktober 2019 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Komite pemiilihan PSSI, Kamis (10/10/19) mengumumkan hasil verifikasi yang dilakukan bersama Komisi Disiplin untuk bakal calon ketua umum, wakil ketua umum dan komite eksekutif periode 2019-2023. Copyright: © Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Komite pemiilihan PSSI, Kamis (10/10/19) mengumumkan hasil verifikasi yang dilakukan bersama Komisi Disiplin untuk bakal calon ketua umum, wakil ketua umum dan komite eksekutif periode 2019-2023.

INDOSPORT.COM - Komite pemilihan PSSI, Kamis (10/10/19) mengumumkan hasil verifikasi yang dilakukan bersama Komisi Disiplin untuk bakal calon ketua umum, wakil ketua umum dan komite eksekutif periode 2019-2023. Dari 11 bakal calon ketum, 20 bakal calon waketum dan 91 bakal calon Exco, 26 nama di antaranya dinyatakan gagal lolos verifikasi.

Hal itu disampaikan oleh ketua Komite Pemilihan, Syarif Bastaman pada Kamis (10/10/19) di kantor PSSI. 26 nama yang gagal lolos verifikasi (tidak bisa melakukan banding) tersebut dinilai tak memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk maju sebagai kandidat.

26 nama tersebut terdiri dari 6 bakal calon waketum dan 20 bakal calon anggota exco. Sedangkan untuk bakal calon ketua umum, semuanya  dinyatakan lolos, namun dengan catatan di mana ada tiga nama yang terlebih dahulu melakukan banding (dinilai tak lolos tapi bisa melakukan banding).

"Di exco banyak yang tak memenuhi syarat karena tak menyerahkan formulir A1 dan A2. Mereka dicalonkan tapi tak memenuhi syarat termasuk Gusti Randa karena dia tak menyampaikan berkasnya. Ibaratnya mereka dicalonkan tapi mereka tak bersedia," kata Syarif Bastaman.

"Kami bekerja sama dengan komite banding, jadi yang tak bisa banding itu tidak serius. Ada dukungan tapi tidak bersedia dan tak memenuhi syarat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Syarif menjelaskan jika pihaknya bersama Komdis PSSI telah memeriksa secara lengkap status para bakal calon pengurus PSSI tersebut. Mereka bahkan bekerja sama dengan pihak pengadilan guna meminta data, apakah nama yang bersangkutan tengah menjalani proses hukum atau tidak.

"Kami juga memeriksa apa yang bersangkutan, apakah dalam konteks pidana. Lalu persyaratan umur juga hal mutlak, jadi jika tak memenuhi syarat maka tak bisa banding," jelasnya.

"Masalah hukum, sepanjang keputusan pengadilan negeri yang telah kami terima yakni berkas lengkap dari masing-masing daerah bakal calon,  bahwa sedang tidak ada masalah jadi lolos semua (hanya untuk masalah hukum)," imbuh Syarif.

Nantinya, para kandidat pengurus PSSI yang lolos verifikasi dengan catatan, diberi kesempatan melakukan banding pada 10-16 Oktober 2019. Selanjutnya, akan dilakukan pengumuman calon tetap pada 18 Oktober dan calon tetap yang lolos diberikan masa kampanye pada 24 hingga 31 Oktober 2019.

Berikut laporan sementara hasil verifikasi bakal calon pengurus PSSI periode 2019-2023:

A. Bakal calon ketum

Dari 11 yang masuk daftar, ada 8 yang  lolos dan tiga tak lolos tapi boleh melakukan banding

*Lolos: 
AVEN S-HINELO
BENHARD LIMBONG
FARY DJEMY FRANCIS
LA NYALA MAHMUD MATTALITI
MOCHAMAD IRIAWAN
RAHIM SOEKASAH
VIJAYA FITRIYASA
BENNY ERWIN

*Tak lolos, tapi boleh banding:
ARIF PUTRA WICAKSONO
YESAYAS OKTAVIANUS
SARMAN

B. Bakal calon waketum

Dari 21 nama, hanya ada 13 nama yang lolos. Enam nama dinyatakan tak lolos dan tak boleh banding, sedangkan dua nama tak lolos namun diizinkan melakukan banding.

*Lolos:
AVEN S-HINELO
BENNY ERWIN
CUCU SOMANTRI
DOLI SINOMBA SIREGAR
HASNURYADI SULAIMAN
HINCA PANJAITAN
IWAN BUDIANTO
JACKSON ANDRE WILLIAM KUMAAT
JAMAL AZIZ
M. KHUSNAENI
TRI GOESTORO
VIJAYA FITRIYASA

*Tak lolos dan tak boleh banding:
AHMAD RIYADH
AUGIE BENYAMIN
BUDI SETIAWAN
GUSTI RANDA
SALLY ATYASASMI
WARDY ASHARI SIAGIAN

*Tak lolos tapi bisa banding:
YESAYAS OKTAVIANUS
DONI SETIABUDI

C. Bakal calon Exco
Dari 91 nama yang lolos 70, 20 nama tak lolos dan tak boleh banding, sedangkan 1 tak lolos tapi diperkenankan banding.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%