Liga Italia

Punya Nilai Sejarah Besar, Kandang AC Milan Ternyata Serupa Stadion Timnas Inggris

Jumat, 11 Oktober 2019 20:25 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© archistadia-en
Kandang AC Milan, Stadion San Siro kabarnya memiliki kemiripan dengan Stadion Wembley. Copyright: © archistadia-en
Kandang AC Milan, Stadion San Siro kabarnya memiliki kemiripan dengan Stadion Wembley.

INDOSPORT.COM - San Siro bukan nama yang asing di telinga para fans AC Milan. Siapa sangka markas salah satu klub sepak bola terbesar di Italia itu memiliki kemiripan dengan Wembley Stadium yang lebih sering digunakan sebagai kandang Timnas Inggris.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino. Infantino menganggap San Siro merupakan tempat yang kaya akan nilai sejarah layaknya Wembley Stadium.

"Anda harus memeriksa situasinya secara saksama. Ada rasa nostalgia di San Siro yang lama, tapi lihat saja Wembley Stadium, tempat itu juga kaya nilai sejarah, tapi tidak lepas dari pembangunan ulang agar terlihat makin ikonik," ujar Infantino dilansir laman berita Football Italia.

"Jika Anda kesampingkan perasaan nostalgia dan kenangan indah Kota Milan, maka setidaknya dua tim penting seperti Inter dan Milan layak untuk mendapatkan stadium terbaik di Eropa," tutupnya.

Pernyataan dari pria berusia 49 tahun itu bak menunjukkan dukungan terkait pembuatan stadion baru yang nantinya harus menghancurkan San Siro terlebih dahulu. Padahal, stadion itu telah berdiri semenjak tahun 1926 lalu dan jika dihitung umurnya saat ini sudah mencapai 93 tahun.

Pembangunan yang ditafsir mencapai 700 juta euro atau sekitar Rp11 triliun itu sempat mendapat pertentangan dari berbagai pihak, terutama kalangan fans yang menganggap AC Milan akan kehilangan tempat paling ikonis di kota Milan, Italia itu.

Meski demikian pihak AC Milan dan Inter Milan tetap bersikeras untuk melanjutkan mega proyek ini. Stadium yang bernama New San Siro nantinya dipastikan memiliki kapastias lebih dari 80 ribu penonton dengan berbagai fasilitas memadai.