Bola Internasional

Dibantai UEA 5-0, Simon McMenemy Apresiasi Perjuangan Pemain Timnas Indonesia

Jumat, 11 Oktober 2019 06:16 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Simon McMenemy saat Timnas Indonesia dibantai telak 5-0 oleh UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (11/10/19) malam WIB. Copyright: © PSSI
Simon McMenemy saat Timnas Indonesia dibantai telak 5-0 oleh UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (11/10/19) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus menerima kenyataan pahit, kala bertandang ke markas Uni Emirat Arab di Stadion Al Maktoum dalam laga ke-3 Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Kamis (10/10/19) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Uni Emirat Arab menang dengan skor 5-0. Padahal, di babak pertama Hansamu Yama dan kolega bermain tampil cukup baik selama 40 menit, sebelum kebobolan satu gol di menit ke-41.

Namun, performa Timnas Indonesia turun drastis di babak kedua, sehingga UEA berada di atas angin untuk mendikte jalannya pertandingan dan menggelontorkan 4 gol tambahan.

Ali Mabkhout jadi bintang lapangan, karena mencetak tiga gol ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Wawan Hendrawan menit ke-51, 63' (P) dan 72'. Satu gol lagi dicetak oleh Tareq Ahmed menit ke-90+3.

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengakui keunggulan UEA, dan membeberkan alasan timnya dibombardir lima gol tanpa balas.

“Sulit memang melawan tim bagus yang sudah memiliki persiapan matang dengan kondisi yang baik, tapi kami sudah berusaha," ujar Simon McMeney dalam konferensi pers pasca pertandingan.

"Kami memiliki banyak peluang di babak pertama, setidaknya selama beberapa menit jelang turun minum, namun lawan dapat mencetak gol lebih dahulu," bebernya.

"Babak kedua semakin sulit dan jauh dari perkiraan kami, karena harus kemasukan empat gol lagi. Situasi kemudian berubah," paparnya.

Meski meraih hasil negatif, juru taktik yang pernah membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 musim 2017 lalu itu tak lupa tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya

"Namun demikian, saya tetap salut dan memberikan apresiasi kepada para pemain yang sudah memberikan segalanya di laga ini,” tutur pria asal Skotlandia itu.

“Saya harus tetap memotivasi mereka agar bisa bangkit di laga selanjutnya, melawan Vietnam (15/10/19),” sambungnya.

Dengan hasil pertandingan ini, Timnas Indonesia masih belum beranjak dari dasar klasemen Grup G setelah menelan tiga kekalahan beruntun. Sementara UEA ada di posisi teratas dengan enam poin dari dua laga.