Liga Indonesia

3 Hal yang Bisa Dilakukan Persija demi Mempertahankan Marko Simic

Sabtu, 12 Oktober 2019 15:03 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Tiga hal yang bisa dilakukan Persija demi mempertahankan Marko Simic. Copyright: © INDOSPORT
Tiga hal yang bisa dilakukan Persija demi mempertahankan Marko Simic.

INDOSPORT.COM – Bintang Persija Jakarta di Liga 1, Marko Simic dirumorkan bakal pergi ke Malaysia untuk memperkuat Johor Darul Takzim (JDT) pada musim 2020 mendatang.

Isu itu muncul setelah akun Twitter yang fokus pada aktivitas transfer klub Malaysia, yakni @GosipLigaM. Akun itu mengabarkan jika Simic akan bergabung ke JDT musim depan.

“Bekas penyerang Melaka United yang kini bersama pasukan Persija Jakarta dikabarkan akan berhijrah ke pasukan Johor Darul Takzim bagi musim hadapan,” bunyi kicauan tersebut.

Penampilan apiknya bersama Persija di Liga 1 dan Piala AFC 2018 lalu diperkirakan menjadi salah satu alasan mengapa JDT tertarik mendatangkan Simic.

Terhitung, penyerang berkebangsaan Kroasia tersebut berhasil mengumpulkan 31 gol (masih bisa bertambah) dari 48 laga di Liga 1. Sedangkan di Piala AFC 2018 ia mampu mencetak 9 gol dari 7 laga.

Bagi Persija, ditinggal sosok pemain sekaliber Simic bisa menjadi masalah terbesar. Mengingat, Macan Kemayoran melempem saat Simic absen di Piala AFC 2019 lalu.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum tiga hal yang bisa dilakukan Persija untuk mempertahankan Simic agar tidak pergi ke klub raksasa Malaysia.

Naikkan Gaji

Salah satu alasan pemain memilih klub adalah gaji atau bayaran yang ditawarkan manajemen klub. Maka tak heran jika banyak bintang yang datang ke klub China atau MLS pada sepak bola modern ini.

Menaikan gaji bisa menjadi senjata Persija untuk membujuk Simic tetap bertahan di Jakarta, setidaknya hingga satu-dua musim ke depan. Simic sendiri tentunya akan merasa lebih dihargai jika manajemen Persija menaikkan upahnya.

Karena secara penampilan, Simic memang pantas mendapatkan apresiasi dari manajemen. Yang terpenting, Persija harus menawarkan gaji yang lebih besar ketimbang proposal yang diajukan JDT.

Jaminan Masuk Turnamen Asia

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic bangga bisa membawa kemenangan perdana bagi Persija Jakarta di Piala AFC 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic bangga bisa membawa kemenangan perdana bagi Persija Jakarta di Piala AFC 2018.

Persija bisa mempertahankan Simic dengan menjanjikan satu tempat di kompetisi level Asia, seperti Liga Champions Asia atau Piala AFC.

Meski pada musim ini sulit tercapai, akan tetapi Macan Kemayoran bisa menjamin tempat itu pada musim 2021 mendatang.

Apalagi, pamor Persija pada musim ini jauh dibandingkan dengan JDT. Klub raksasa Malaysia tersebut kemungkinan besar bakal main di Liga Champions Asia. Sedangkan Persija masih terseok-seok di papan bawah.

Persija pun harus merangsek naik ke papan atas klasemen Liga 1, jika ingin mempertahankan pemain bintang sekaliber Simic. Karena pemain bakal mempertimbangkan masa depannya jika klubnya hanya berkutat di papan bawah.

Cari Pelayan Tambahan

Sejauh ini pelayan setia Simic yang dimiliki Persija adalah Riko Simanjuntak. Kehadiran mantan pemain Semen Padang tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap produktivitas Simic.

Apabila Persija mendatangkan pemain baru untuk menjadi pelayan tambahan untuk Simic, maka striker asal Kroasia tersebut kemungkinan akan nyaman berada di klub ini.

Jika terlalu sulit mencari pelayan tambahan, Persija bisa saja memberikan tugas baru kepada para penggawa Macan Kemayoran. Hadirnya pelatih Edson Tavares pun diharapkan bisa menemukan pelayan tambahan untuk Simic.