Liga Indonesia

2 Stadion Liga Indonesia Tersibuk Dalam Menggelar Pertandingan Semusim

Minggu, 13 Oktober 2019 11:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

INDOSPORT.COM - Stadion Liga Indonesia ternyata memiliki kesibukan tersendiri dalam menggelar pertandingan. Lantas stadion mana saja yang dimaksud?

Stadion merupakan sebuah tempat untuk menghelat pertandingan sepak bola. Tak hanya itu saja, beberapa kegiatan lainnya juga kadang digelar di stadion.

Terlebih stadion dapat menampung massa yang begitu banyak. Selain itu stadion juga menjadi lumbung pendapatan bagi setiap klub sepak bola.

Maka dari itu peran stadion sangat penting bagi para klub untuk memainkan pertandingan dalam satu kompetisi. Tak jarang stadion direnovasi agar lebih baik.

Namun sebuah stadion ternyata tak hanya ditempati oleh satu klub saja. Melainkan ada beberapa klub yang menumpang di stadion tersebut.

Tak hanya itu ada pula beberapa kejuaraan yang menggunakan satu stadion untuk memainkan pertandingan tersebut. Berikut stadion tersibuk sejauh ini.

1. Stadion Kapten I Wayan Dipta

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Stadion Kapten I Wayan Dipta. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTStadion Kapten I Wayan Dipta.

Kandang Bali United Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi salah satu tempat paling sibuk di musim 2019 ini. Lokasi stadion tersebut di Gianyar, Bali.

Bagaimana tidak, selain menjadi markas Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta juga menjadi tempat untuk menggelar kompetisi lainnya.

Salah satunya ialah laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Lalu Stadion Kapten I Wayan Dipta juga menggelar pertandingan untuk Liga 3 regional Bali, tepatnya 5 dan 7 Oktober lalu. Kemudian dipakai untuk perhelatan Liga 1 U-20 2019.

Klub Liga 2 Sulut United juga sempat meminjam Stadion Kapten I Wayan Dipta kala menjamu PSIM Yogyakarta, Agustus 2019. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-2 untuk PSIM.

Tak hanya itu pada 18 Oktober mendatang, Stadion Kapten I Wayan Dipta bakal dipakai untuk menghelat laga Persib vs Persebaya di Liga 1.

Dua hari berselang, stadion ini digunakan untuk memainkan pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia U-19 vs China U-19.

Bahkan seri kedua Liga 1 Putri rencananya juga akan memakai Stadion Kapten I Wayan Dipta. Tentu bisa disebut kalau tempat ini begitu sibuk.

2. Stadion Sultan Agung

© ariajelo.blogspot.co.id
Salah satu tribun di Stadion Sultan Agung, Blitar. Copyright: ariajelo.blogspot.co.idSalah satu tribun di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Di sisi lain, tepatnya di pulau Jawa, kalau Stadion Sultan Agung juga sempat mengalami kesibukan tersendiri. Tepatnya pada 2018 lalu.

Stadion Sultan Agung sempat menjadi kandang alternatif oleh PSIS Semarang pasca promosi. Lantaran Stadion Jati Diri mengalami renovasi.

Kemudian Tira Persikabo pada musim yang sama juga memilih Stadion Sultan Agung sebagai kandang mereka untuk mengarungi ketatnya Liga 1.

Pada Liga 2 2018, PSIM Yogyakarta turut memakai Stadion Sultan Agung. Lantaran kandang PSIM, Stadion Mandala Krida harus diperbaiki kala itu.

Bahkan klub Liga 3, Protaba Bantul dan Persiba Bantul juga mengenakan tempat yang sama. Pasalnya keduanya memang berkandang di sana.

Persija juga sempat memuat venue tersebut sebagai alternatif kandang, pasca Stadion Gelora Bung Karno harus direnovasi untuk Asian Games 2018.

Kabar terkini kalau Stadion Sultan Agung diproyeksikan untuk menggelar kompetisi Liga Santri Nusantara Regional Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melihat hal barusan bisa disebut kalau Stadion Sultan Agung dan Kapten I Wayah Dipta juga memiliki waktu yang begitu sibuk dalam menggelar pertandingan di berbagai kompetisi.