Bola Internasional

Lagi, Laga Timnas Indonesia Melawan Vietnam Tak Diminati Penonton

Selasa, 15 Oktober 2019 19:56 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion I Wayan Dipta tampak sepi penonton jelang kick-off babak pertama laga Indonesia vs Vietnam Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion I Wayan Dipta tampak sepi penonton jelang kick-off babak pertama laga Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM – Antusiasme suporter yang datang menyaksikan laga perdana Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa (15/10/19) malam, tak sesuai ekspektasi.

Pertandingan keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut sempat diprediksi akan dibanjiri suporter. Pasalnya, ini menjadi laga resmi perdana Timnas di Pulau Dewata. Namun, faktanya justru berbanding terbalik.

Pada H-1 pertandingan, ada 8000 tiket yang terjual. Jumlah itu termasuk 250 lembar tiket untuk suporter Vietnam. Kenaikan pada hari-H tak begitu menunjukkan perubahan. Tak lebih dari setengah bagian stadion yang terisi.

Dari semua bagian stadion, hanya tribun timur yang terlihat cukup penuh. Sementara itu, tribun lain rata-rata hanya terisi setengahnya saja. Hal itu sudah termasuk tribun utara yang biasanya selalu penuh.

Minimnya antusiasme suporter sudah terlihat sejak laga kandang kedua melawan Thailand. Setelah dikalahkan Malaysia 2-3 pada laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pendukung sepak bola Tanah Air mulai enggan datang.

Laga melawan Thailand sendiri hanya menjual sekitar 12 ribu dari 60 ribu lembar tiket yang dijual. Padahal, laga pertama melawan Malaysia sangat diminati penonton. Dalam laga itu, suporter Tanah Air bahkan berbalik mendukung Thailand yang tampil ciamik.

Indonesia saat ini terpuruk di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan minimnya jumlah suporter, langkah tim asuhan Simon McMenemy menjadi semakin berat. Pasalnya, dukungan suporter sangatlah vital untuk perjuangan mereka.