Bola Internasional

Pelatih Vietnam Singgung Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Simon McMenemy Bereaksi

Selasa, 15 Oktober 2019 07:34 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, tak menanggapi serius soal pelatih Vietnam Park Hang-seo yang menyinggung keberadaan para pemain naturalisasi di skuat Garuda. Dia hanya memanggil pemain yang memegang paspor Warga Negara Indonesia (WNI).

Park Hang-seo menilai bahwa Indonesia patut diwaspadai karena memiliki para pemain berstatus naturalisasi. Dia menyebut pemain-pemain yang berasal dari Belanda (Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim), Brasil (Beto Goncalves) dan Nigeria (Osas Saha).

Kewaspadaan Park Hang-seo ini berdasar pengamatan yang dilakukannya saat menyaksikan laga Indonesia melawan Thailand di Jakarta. Para pemain itu memiliki kemampuan yang patut diwaspadai.

Terkait hal itu, Simon tak mau menanggapi serius. Dia hanya menyebut hal yang sama juga akan dilakukan pelatih Vietnam jika memiliki pemain yang berstatus naturalisasi.

"Saya hanya memanggil pemain yang punya paspor Indonesia. Ini sama seperti Malaysia, mereka juga punya pemain naturalisasi. Mungkin ketika Vietnam punya pemain naturalisasi, punya paspor Vietnam, mungkin juga akan dipakai tim nasional," ucap Simon McMenemy dalam jumpa pers di Maya Resort Sanur, Denpasar, Senin (14/10/19) sore.

Dalam skuat Timnas Vietnam, terdapat nama Dang Van Lam. Pemain bertinggi 188 sentimeter ini tak lahir di Vietnam, melainkan lahir di Rusia. Ayahnya merupakan warga Vietnam bernama Dang Van Son. Sementara ibunya merupakan warga negara Rusia bernama Olga Zhukova.

Namun bedanya, dia bukan pemain naturalisasi, karena sudah memperkuat Vietnam sejak usia muda. Dang Van Lam pernah menjadi bagian tim junior Spartak Moscow, Dynamo Moscow dan kembali ke Vietnam dengan bergabung Hoang Anh Gia Lai.

Hal ini serupa dengan Irfan Bachdim, dimana pemain Bali United ini sebenarnya bukan berstatus naturalisasi. Dia sejak awal memilih menjadi warga negara Indonesia, ketimbang mengambil paspor Belanda.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%