Liga Indonesia

3 Fakta Memilukan dari Hasil Memalukan Timnas Indonesia vs Vietnam

Rabu, 16 Oktober 2019 10:14 WIB
Editor: Coro Mountana
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia terlihat tertunduk lesu usai dipermalukan Vietnam dengan skor akhir 3-1 di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) malam. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia terlihat tertunduk lesu usai dipermalukan Vietnam dengan skor akhir 3-1 di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) malam.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia kembali menuai hasil memalukan usai dikalahkan Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Bermain di kandang sendiri ternyata tak cukup untuk membuat Vietnam gentar, justru sebaliknya, skuad asuhan Simon McMenemy justru tampil tertekan. Permainan rapi dari Vietnam membuat Timnas Indonesia kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Hingga akhirnya, Vietnam berhasil mencetak gol melalui Do Duy Manh (26’), Que Ngoc Hai (55’), dan Nguyen Tien Linh (61’). Sedangkan Timnas Indonesia hanya mampu membalas satu gol melalui Irfan Bachdim di menit ke-84, skor pun menjadi 3-1 untuk kemenangan Vietnam.

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia harus puas tertahan di dasar klasemen sementara grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Selain fakta kalau berada di posisi juru kunci, masih ada banyak hal memilukan lain yang mengiringi hasil memalukan Timnas Indonesia dari Vietnam.

Kekalahan Perdana Sepanjang Sejarah dari Vietnam di Kandang Sendiri

Siapa sangka, kekalahan 1-3 di Bali menjadi yang pertama kali sepanjang sejarah Vietnam meraih kemenangan pada kandang Indonesia. Bisa dibayangkan, selama ini Timnas Indonesia tidak pernah kalah di kandang sendiri dari Vietnam, luar biasa bukan?

Sejatinya Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy sebelumnya juga telah memecahkan rekor memilukan lain seperti untuk pertama kali dalam 15 tahun terakhir kalah di kandang sendiri dari Malaysia. Kekalahan terakhir didapatkan pada semifinal leg 1 Piala AFF 2004.

Selain itu, Timnas Indonesia bersama Simon McMenemy ternyata juga kalah di kandang sendiri dari Thailand untuk pertama kalinya sejak 2008. Kala itu, Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Thailand yang akhirnya lolos ke final Piala AFF 2008.

© Nofik Lukman/INDOSPORT
Riko Simanjuntak berusaha mempertahankan bola dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Selasa (15/10/19) malam. Copyright: Nofik Lukman/INDOSPORTRiko Simanjuntak berusaha mempertahankan bola dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Selasa (15/10/19) malam.

Timnas Indonesia Setingkat Guam dan Sri Lanka

Kekalahan dari Vietnam semalam menjadikan yang keempat kalinya bagi Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Ternyata berkat hasil itu, membuat Timnas Indonesia setingkat dengan Guam dan Sri Lanka.

Di mana hanya Guam dan Sri Lanka saja yang senasib dengan Timnas Indonesia yaitu selalu kalah di 4 laga awal kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan kata lain jika dibandingkan dengan sesama tim Asia Tenggara, Timnas Indonesia menjadi yang terburuk.

Tim sekelas Kamboja saja masih sempat meraih satu hasil imbang, sedangkan Singapura tercatat mampu menang atas Palestina dan menahan Yaman. Mungkin hanya Myanmar saja yang senasib dengan selalu kalah, tapi itupun mereka baru bermain 3 kali.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Simon McMenemy pelatih Timnas Indonesia Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTSimon McMenemy pelatih Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Dipastikan Tersingkir dari Piala Dunia

Terakhir adalah sebuah fakta paling memilukan bahwa dengan kalah dari Vietnam membuat Timnas Indonesia dipastikan tersingkir dari Piala Dunia. Sebenarnya tersingkir dari Piala Dunia memang sudah terprediksi sebelumnya.

Hanya saja selalu kalah di 4 laga termasuk 3 di kandang menjamu sesama tim Asia Tenggara merupakan sebuah tragedi sangat memilukan, lebih parah dari menonton adegan sadis dari film Joker.

Kini Timnas Indonesia telah hancur lebur di kualifikasi Piala Dunia 2022, langkah apa yang akan di ambil oleh PSSI? Kita menunggu.