Liga Inggris

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Liverpool

Jumat, 18 Oktober 2019 16:49 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Indosport/Internet
Manchester United vs Liverpool. Copyright: © Indosport/Internet
Manchester United vs Liverpool.

INDOSPORT.COM - Manchester United akan menjamu Liverpool dalam duel sengit bertajuk North West Derby pada pekan ke-9 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (20/10/19) malam WIB. 

Laga Manchchester United vs Liverpool selalu ditunggu-tunggu dalam gelaran Liga Inggris. Kedua klub merupakan dua tim tersukses di dataran Inggris dalam hal raihan gelar liga. 

Walau saat ini Manchester United tengah tampil loyo, bukan berarti laga ini tak berlangsung panas. Manchester United vs Liverpool adalah duel klasik yang konsisten eksis selama puluhan tahun sejak sebelum Liga Primer digelar. 

Untuk menambah keseruan, berikut ini kami rangkum lima fakta menarik jelang duel North West Derby. 

1. 126 Gelar

Tercatat, ada 126 gelar/trofi yang dimiliki kedua tim jika digabung. Angka sebanyak itu jadi bukti betapa keduanya merupakan tim tersukses di dataran Inggris saat ini. 

Sebagai rincian, ke-126 gelar itu terdiri dari 36 gelar Liga, 19 Piala FA, 13 Piala Liga, 36 Communiy Shield, 9 Liga Champions, 4 Liga Eropa, 1 Piala Winners, 5 Piala Super Eropa, 1 Piala Intercontinental dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Di liga sendiri, Man United saat ini jadi yang terbanyak dengan 20 gelar. Sementara Liverpool menguntit di belakangnya dengan 18 gelar. 

Liverpool berpeluang besar menipiskan jarak jika berhasil meraih gelar juara musim ini. 

2. Sir Matt Busby

Sir Matt Busby adalah salah satu pemain penting dalam sejarah sepak bola Inggris. Pemain satu ini menjadi pemain sekaligus pelatih legendaris Manchester United sebelum era Sir Alex Ferguson. 

Namun, siapa sangka pemain berposisi gelandang ini sebelumnya pernah memperkuat Liverpool. Sebanyakl 115 laga ia catatkan untuk The Reds. 

Saat pensiun, ia sempat ditawari menjadi asisten pelatih Liverpool, tetapi ia menolak dan memilih bergabung dengan Man United. 

3. Rekor Gol

Eks kapten Liverpool, Steven Gerrard, menjadi pemain dengan raihan gol terbanyak dalam duel sengit Manchester United vs Liverpool di era Liga Primer Inggris. 

Sebanyak sembilan gol ia ciptakan ke gawang Manchester United yang mana lima di antaranya dari titik putih. 

Sementara itu di era Divisi Satu, ada dua pemain yang jadi pencetak gol terbanyak, yakni George Wall dan Sandy Turnbull dengan raihan sembilan gol.

4. Panas Sejak Pertemuan Perdana

Tanda-tanda panasnya duel Manchester United vs Liverpool sudah terasa sejak pertandingan kompetitif pertama kedua tim pada 12 Oktober 1895 silam. 

Kala itu Manchester United (yang masih menggunakan nama Newton Heath) dipermalukan 7-1 oleh Liverpool di Anfield. 

Masih di musim yang sama, Newton Heath pun sukses membalaskan dendam pada pertemuan kedua di kandang mereka, Bank Street. The Red Devils sukses menang besar 5-2 atas The Reds.

5. Cedera Pemain

Kedua klub merupakan tim bertabur bintang di Liga Inggris. Sayang pada duel lusa nanti, akan ada cukup banyak bintang yang absen, terutama di kubu manchester United. 

Sebanyak delapan pemain penting Manchester United mengalami cedera dan tak bisa dimainkan di laga ini. Dari delapan pemain itu, ada nama David De Gea dan Paul Pogba yang sangat disayangkan harus absen

Selain kedua bintang tersebut ada enam pemain Manchester United lainnya yang tak berada dalam kondis prima, yakni Aaron Wan-Bissaka, Anthony Martial, Luke Shaw, Phil Jones, Eric Bailly, dan Timothy Fosu-Mensah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%