Bola Internasional

Lebih Hebat dari Luis Milla, Eks Pelatih Pogba di Prancis U-20 Cocok Tukangi Timnas Indonesia?

Jumat, 18 Oktober 2019 06:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© https://sportsliberia.com
Lebih Mentereng dari Luis Milla, Eks Pelatih Pogba di Prancis U-20 Cocok Tukangi Timnas Indonesia? Copyright: © https://sportsliberia.com
Lebih Mentereng dari Luis Milla, Eks Pelatih Pogba di Prancis U-20 Cocok Tukangi Timnas Indonesia?

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia sepertinya tak boleh terpaku begitu saja dengan nama Luis Milla, sebagai kandidat pengganti Simon McMenemy di kursi kepelatihan.

Kalau mau diterka lebih jauh, ada seorang pelatih yang punya prestasi lebih mentereng ketimbang Luis Milla, dan mungkin cocok pula untuk tukangi Timnas Indonesia.

Sosok pelatih yang dimaksudkan itu bernama Pierre Mankowski. Terdengar kurang familiar mungkin, tapi Pierre Mankowski sebenarnya punya pengalaman lumayan di kancah kepelatihan internasional.

Sama seperti Luis Milla, sosok Pierre Mankowski pernah pula meraih prestasi gemilang pada level tim nasional junior. Jika Luis Milla berhasil mengantarkan Spanyol U-21 menjuarai Euro U-21 2011, Pierre Mankowski lebih hebat lagi, yakni membawa Prancis U-20 merajai Piala Dunia U-20 2013.

Pemain Prancis yang diasuh Pierre Mankowski kala itu juga bukan nama sembarangan. Buktinya saja, Pierre Mankowski mengandalkan nama sekelas Paul Pogba sebagai kapten tim Prancis di sepanjang Piala Dunia U-20 2013.

Lihatlah yang terjadi kini, selepas lulus dari besutan Pierre Mankowski, Pogba menjelma menjadi gelandang tengah top dunia. Pogba bermain untuk tim raksasa Inggris, Manchester United, dan berperan besar dalam gelar juara Piala Dunia 2018 yang diraih Prancis.

Nama Pierre Mankowski sendiri kini sedang tak memiliki klub untuk dilatih. Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Pierre Mankowski terakhir kali menjabat sebagai pelatih pada 2016 lalu di tim Prancis U-21.

Jika Timnas Indonesia membutuhkan opsi lain di luar nama Luis Milla, sosok Pierre Mankowski jelas cukup menarik. Reputasi Pierre Mankowski yang pernah menjuarai Piala Dunia dan menangani Pogba, mungkin akan membawa dampak baik bagi perkembangan Timnas Indonesia.

Namun kembali lagi, semua isu terkait posisi pelatih Timnas Indonesia, entah Luis Milla atau Pierre Mankowski, masih harus menunggu kebijakan PSSI. 

Selaku induk tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI diharapkan bisa mengambil kebijakan tepat atas kiprah Skuat Garuda racikan Simon McMenemy, yang selalu menelan kekalahan dalam empat laga beruntun Kualifikasi Piala Dunia 2022.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%