Liga Spanyol

3 Kerugian bagi Barcelona Akibat Penundaan El Clasico

Sabtu, 19 Oktober 2019 22:18 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© GettyImages
Penundaan pertandingan LaLiga Liga Spanyol bertajuk El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid dapat menghadirkan kerugian bagi kubu La Blaugrana. Copyright: © GettyImages
Penundaan pertandingan LaLiga Liga Spanyol bertajuk El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid dapat menghadirkan kerugian bagi kubu La Blaugrana.

INDOSPORT.COM – Penundaan pertandingan LaLiga Liga Spanyol bertajuk El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid dapat menghadirkan kerugian bagi kubu La Blaugrana.

El Clasico edisi perdana musim 2019-2020 terpaksa ditunda. Kondisi politik dan keamanan di Catalunya yang kurang kondusif menjadi penyebabnya.

Pihak penyelenggara LaLiga telah mengajukan tanggal baru pertandingan El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Camp Nou yang semula 26 Oktober menjadi 7 Desember 2019.

Selain itu, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengusulkan pertandingan El Clasico diselenggarakan pada 18 Desember. Mereka terus berdiskusi sampai Senin (21/10/19) untuk menentukan keputusan.

Penundaan tetap saja akan menghadirkan kerugian bagi Barcelona yang tengah berusaha merebut puncak klasemen Liga Spanyol dari Real Madrid.

Maka dari itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT mengulas tiga kerugian bagi Barcelona akibat penundaan laga El Clasico.

Merusak Jadwal

Penundaan laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid yang seharusnya berlangsung di pekan ke-10 LaLiga Spanyol tentu berdampak terhadap jadwal yang sudah tersusun rapi.

Jika El Clasico ditunda ke 7 Desember di pekan ke-16, Barcelona hanya berselisih satu hari dari laga melawan Mallorca (08/12/19). Hal itu tentu juga akan merugikan Mallorca.

Sebelum itu juga, Barcelona harus menghadapi Atletico Madrid di pekan ke-15 (01/12/19) dalam laga tandang, sementara setelahnya menghadapi Inter Milan di Liga Champions (11/12/19).

Di tanggal 18 Desember, Barcelona harus menjalani laga di hari biasa (Rabu) yang sulit mendatangkan perhatian publik. Selain itu, tanggal tersebut juga berdekatan dengan Copa del Rey.

Mengubah Rencana Tim

Penundaan El Clasico ke bulan Desember akan berdampak terhadap penumpukan jadwal. Di pekan terakhir bulan Desember, Barcelona disibukkan dengan matchday akhir Liga Champions.

Selain itu, Barcelona juga sudah harus menyiapkan diri di Piala Super Spanyol 2020 yang menggunakan format baru final four. Terlebih lagi, ajang tersebut berlangsung di Arab Saudi.

Kenyataan tersebut tentu bisa mengubah rencana jangka pendek dan panjang Barcelona yang telah tersusun rapi untuk menghadapi pertandingan di berbagai ajang.

Penurunan Performa

Barcelona sedang dalam performa menanjak usai menang 3-0 atas Eibar, Sabtu (19/10/19). Blaugrana semakin membuntuti Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol.

Setelah sempat dua kali kalah melawan Granada 0-2 dan 0-2 menghadapi Getafe, Barcelona mulai menunjukkan grafik meningkat. Barcelona mengalahkan Inter Milan di Liga Champions dan membantai Sevilla 4-0.

Lionel Messi yang baru kembali dari cedera mulai rutin mencetak gol bagi Barcelona. Kekompakan trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann (MSG) juga mulai terjalin.

Penundaan El Clasico tentu bisa menurunkan performa Barcelona yang sedang dalam grafik meningkat. Selain itu, kemungkinan cedera pemain juga bisa sewaktu-waktu mengancam skuat Ernesto Valverde.