Liga Italia

Jalani Debut sebagai Pelatih AC Milan, Pioli Sudah Tentukan Pemainnya

Minggu, 20 Oktober 2019 14:32 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli sudah menyiapkan nama pemain untuk debut perdananya menukangi AC Milan pada laga pekan 8 Serie A Liga Italia lawan Lecce. Alessandro Sabattini/Getty Images. Copyright: © Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli sudah menyiapkan nama pemain untuk debut perdananya menukangi AC Milan pada laga pekan 8 Serie A Liga Italia lawan Lecce. Alessandro Sabattini/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pertandingan pekan ke-8 Serie A Liga Italia 2019-2020 melawan Lecce, Senin (21/10/19), akan menjadi debut perdana Stefano Pioli sebagai pelatih AC Milan. Ia kabarnya sudah mengantongi daftar pemain yang bakal diturunkan sebagai starter.

Sebelumya, Pioli sendiri menjadi pelatih anyar Rossoneri usai pemecatan Marco Giampaolo yang dianggap gagal membimbing tim di awal musim ini. Menghadapi tantangan pertama, mau tidak mau pelatih berusia 54 tahun ini harus menampilkan performa apik di awal.

Ia telah memutuskan pemain mana yang bakal masuk line up pada pertandingan di kandang AC Milan, San Siro. Beberapa nama yang dipastikan bakal muncul lawan Lecce ialah Krzysztof Piatek, Lucas Paqueta, Rafael Leao, dan Hakan Calhanoglu.

"Saya akan memutuskan line-up pertandingan siang ini, walaupun saya memiliki kesempatan di pagi hari, ini untuk berjaga-jaga jika kick off pertandingan dimulai mundur dari jadwal," ujar Stefano Pioli, dilansir laman berita sepak bola Football Italia.

"Saya sudah katakan pada Piatek untuk menampilkan permainan terbaiknya dan untuk lini serang Rafael Leao cocok mengisi ujung tombak. Untuk lini tengah, Paqueta sangat bagus dalam menyerang dan bertahan, sementara Calhanoglu bisa menjadi teror untuk lini pertahan musuh," tutupnya.

Melihat pemilihan line up, Pioli nampaknya bakal lebih mengandalkan formasi 4-3-3 lawan Lecce. Pasalnya, pelatih berkebangsaan Italia itu cukup yakin formasi ini cukup bagus dalam segi bertahan dan menyerang. Selain itu, formasi ini juga sering digunakan ketika ia menukangi Lazio tahun 2014 hingga 2016.

Terlepas dari itu, meski AC Milan telah mendapat juru taktik baru, penampilan mereka nampaknya tidak lepas dari ancaman kegagalan. Bagaimana tidak, Stefano Pioli tercatat memiliki statistik yang cukup buat siapa pun mengernyitkan dahi.

Pioli kerap beberapa kali gagal menukangi klub asuhannya. Salah satu contohnya ketika melatih Fiorentina selama dua musim, yang hanya memiliki rasio menang 36,49 persen. Tercatat Viola hanya mampu menang 27 kali dalam 74 pertandingan tahun 2017 hingga 2019.