Liga Indonesia

Kiprah Nadiem Makarim di Olahraga, Pendiri Gojek yang Dirumorkan Masuk Kabinet Jokowi

Senin, 21 Oktober 2019 16:19 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© voffice.co.id
Nadiem Makarim, CEO Gojek Copyright: © voffice.co.id
Nadiem Makarim, CEO Gojek

INDOSPORT.COM - Mengintip kiprah Nadiem Makarim, sang pendiri Gojek yang dirumorkan bakal masuk kabinet Jokowi bagi olahraga Tanah Air.

Nama Nadiem Makarim sendiri memang tengah ramai menjadi perbincangan netizen, pasalnya sang pendiri jasa transportasi online (Gojek) tersebut baru saja dipanggil Presiden Indonesia ke -7, Joko Widodo ke istana negara hari ini, Senin (21/10/19).

Meski di awal kedatangan Nadiem Makarim tak mengetahui maksud undangan ke istana negara, namun setelah keluar dirinya menjelaskan bahwa ia diminta masuk dalam kabinet kerja Presiden Joko Widodo.

"Saya merasa ini kehormatan saya diminta bergabung ke kabinet dan saya menerima," kata Nadiem Makarim kepada para wartawan setelah keluar dari istana negara.

Meski belum pasti pada posisi menteri mana Nadiem Makarim akan ditempatkan, namun sang pendiri Gojek tersebut sejatinya telah banyak berjasa pada Indonesia khususnya di bidang olahraga.

Berkat badan usaha bentukannya, banyak bidang olahraga yang ia modali sehingga menghasilkan para atlet berkualitas dan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum dan mengulas, kiprah Nadiem Makarim si pendiri Gojek yang dirumorkan masuk kabinet Jokowi bagi olahraga Tanah Air.

1. Jadi Sponsor Liga Indonesia

Pada tahun 2017 silam, Liga Indonesia yang sempat mati suri lantaran induk sepak bola Tanah Air (PSSI) mendapat sanksi dari FIFA, berusaha bangkit dan memulai membangun kembali kompetisi dari awal.

Dengan stigma negatif pasca disanksi FIFA, tak banyak perusahaan besar mau mendanai Liga Indonesia namun Gojek datang dengan dana segar dan mau menjadi sponsor kasta teratas Liga Indonesia hingga dua musim kedepan.

Meski bekerjasama dengan Traveloka, namun bantuan dana serta sponsor dari Gojek sangat berperan besar bagi persepakbolaan Tanah Air yang sempat mandek beberapa tahun ke belakang.

Kembalinya kompetisi yang berjalan reguler di tiap pekan, berhasil memunculkan para pemain berkualitas yang mampu menjadi pilar penting Timnas Indonesia saat itu.

2. Sponsori Klub Tanah Air

Selain mendanai Liga Indonesia selama dua musim beruntun, Nadiem Makarim bersama Gojek miliknya juga mensponsori beberapa klub besar Tanah Air bahkan masih bertahan hingga sampai saat ini.

Pada tahun 2019 tercatat klub-klub besar seperti Arema FC, Bali United hingga Persib Bandung memajang logo Gojek di bagian depan jersey mereka.

Dengan tambahan dana segar dari Gojek, membuat tim-tim tersebut mampu tampil gemilang bahkan Bali United berkesempatan menjadi juara musim ini serta mewakili Indonesia di ajang AFC Cup musim depan.

3. Ciptakan Fitur GoFitness

Selain membantu persepakbolaan Indonesia, Gojek juga berusaha menyehatkan warga Tanah Air dan para usernya dengan menciptakan fitur GoFitness dalam pembaruan aplikasinya.

Dengan menggunakan fitur GoFitness tersebut, para pengguna aplikasi Gojek memungkinkan untuk melakukan reservasi kelas di ratusan studio olahraga yang berada di Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, dan Depok.

Fitur GoFitness memberikan layanan untuk mengakses puluhan ribu kelas olahraga mulai dari yoga, pilates, pound fit, barre, muay thai, zumba, dan lain-lain.