Liga Indonesia

Jadi Pengeliling Dunia, Comvalius Merasa Indonesia Negara Terbaik

Minggu, 27 Oktober 2019 18:07 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media Officer Arema
Striker Arema FC di Shopee Liga 1 2019, Sylvano Comvalius, tercatat telah menjalani karier sepak bolanya di 11 negara berbeda. Copyright: © Media Officer Arema
Striker Arema FC di Shopee Liga 1 2019, Sylvano Comvalius, tercatat telah menjalani karier sepak bolanya di 11 negara berbeda.

INDOSPORT.COM – Striker Arema FC di Shopee Liga 1 2019, Sylvano Comvalius, tercatat telah menjalani karier sepak bolanya di 11 negara berbeda. Menurutnya, dari semua yang pernah ia singgahi, Indonesia adalah salah satu negara terbaik.

“Di pusat perbelanjaan, sepertinya semua orang ingin meminta foto bersama saya. Saat di Belanda, saya tidak dikenali. Tetapi, di sini, saya tidak bisa berjalan layaknya orang normal,” ujar Comvalius dalam sebuah sesi wawancara bersama WereldPod.

Menurutnya, kesan itu tidak ia dapatkan di negara lain. Tak hanya menceritakan kesan baik, ia pun menguak cerita buruknya saat di dalam lapangan. Salah satunya ialah risiko keamanan dan kerusuhan suporter yang sangat tinggi.

“Terkadang, bermain di Indonesia memang kurang menyenangkan. Saya dan rekan setim pernah harus meninggalkan lapangan menggunakan kendaraan taktis. Banyak hal aneh lainnya yang terjadi di sini,” ucap Comvalius.

“Di Belanda, hal seperti itu dianggap sangat aneh. Tetapi, di sini (Indonesia), itu sudah seperti kejadian sehari-hari. Sungguh, jika saya harus bercerita semua hal tak biasa yang saya alami, wawancara ini akan menjadi sangat panjang,” lanjutnya.

Setelah mengawali kariernya di Belanda, ia langsung berkelana ke Malta, Skotlandia, Kuwait, Kazakhstan, China, Jerman, Ukraina, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Arema FC sendiri merupakan klub keduanya di Indonesia setelah Bali United pada 2017 lalu.

Saat ini, Sylvano Comvalius telah menciptakan lima gol dan enam assists dalam 21 laga. Meski torehan golnya tak seganas saat di Bali United, pemain kelahiran Amsterdam ini tetap dicintai oleh para pendukung Arema FC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%