Liga Inggris

6 Faktor Piala Liga Inggris Penting Digelar

Senin, 28 Oktober 2019 13:40 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© LondonEveningStandard
Carabao Cup Copyright: © LondonEveningStandard
Carabao Cup

INDOSPORT.COM - Cukup banyak penggemar sepak bola Inggris atau bahkan beberapa klub di dalamnya menilai jika kompetisi Piala Liga Inggris atau yang sejak musim 2017/18 bernama Carabao Cup tidak terlalu penting untuk digelar.

Bahkan, dua pelatih bernama besar, yakni mantan juru taktik Chelsea, Antonio Conte dan eks pelatih Manchester United, Jose Mourinho tidak ragu menyebut kompetisi ini tidak penting, karena membuat jadwal pertandingan menjadi sangat padat.

Di atas kertas, kompetisi ini mungkin kurang menarik jika dibandingkan dengan Liga Inggris atau Piala FA.

Sekedar mengingatkan, kompetisi Carabao Cup diikuti oleh 92 klub yang diikuti oleh peserta Liga Inggris, Divisi Championship (kompetisi kasta kedua sepak bola Inggris), Footba League One (kasta ketiga), dan Football League Two (kasta keempat).

Kompetisi ini digelar sejak 1960 silam atau tepatnya sudah berusia 59 tahun. Pemegang trofi terbanyak di kompetisi ini adalah Liverpool yang telah mendapatkan 8 gelar. Manchester City saat ini memegang status juara bertahan usai memenangkanya di musim 2018/19 kemarin.

Meski keberadannya tidak terlalu dianggap, namun pada kenyataannya Carabao Cup memilikki sejumlah nilai-nilai positif yang tentunya dapat membantu kepentingan sebuah tim. Apa sajakah itu? Berikut ini rangkumannya:

Penting Bagi Klub yang Kurang Diunggulkan

Di sepak bola Inggris, ada enam klub unggulan, yakni Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Bukan tak mungkin bagi keenam klub tersebut, Carabao Cup dianggap sebelah mata, karena jika gagal menjadi juara, maka tidak akan menjadi pemberitaan yang besar, sama halnya jika mereka berhasil menjadi juaranya tentu tak akan menggemparkan berita olahraga.

Namun situasi tak sama pastinya berlaku dan penting untuk klub yang kurang diunggulkan, kompetisi ini tentu sangat penting bagi mereka. Selain sebagai ajang dapat menghadapi tim-tim besar, mereka juga berpeluang meraih gelar ini.

Terlebih keenam klub yang telah disebutkan di atas tentu tidak menjadikan Piala Liga Inggris sebagai fokus utama, sehingga klub yang bisa dibilang non-unggulan dapat memanfaatkan Carabao Cup dengan baik.

Uji Coba Formasi Baru

Bagi pelatih manapun, pastinya sudah mempunyai formasi favorit atau langganan atau favorit, misalnya 4-4-2, 4-2-3-1, 3-4-3, dan 4-3-3.

Setiap juru taktik yang melatih klub unggulan, tentu tak menjadi masalah besar jika mereka mencoba formasi baru demi membuat permainan timnya menjadi lebih atraktif dan menghibur.

Namun tak salah juga seandainya mereka ingin tetap menggunakan formasi yang sama. Artinya sang juru taktik meningkatkan formasi andalannya tersebut agar lebih rapi dan pemainnya semakin kompak. Memakai formasi baru pada kompetisi yang tidak dijadikan target utama untuk mendapatkan gelar pastinya menjadi momen yang sangat tepat.