Liga Indonesia

Belum Juga Bangkit, Bagaimana Nasib Persija Disisa Kompetisi Liga 1 2019?

Rabu, 30 Oktober 2019 14:36 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Semen Padang pada Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (16/10/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Semen Padang pada Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (16/10/19).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta harus kembali menelan hasil negatif di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-25, saat melawan Persib Bandung pada Senin (28/10/19) sore WIB. 

Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Macan Kemayoran kalah dengan skor 2-0. Masing-masing gol diciptakan oleh Frets Butuan menit ke-52 dan Ezechiels N'Douassel menit ke-59.

Kekalahan ini membuat Persija gagal beranjak dari papan bawah, untuk meninggalkan area zona degradasi. Saat ini mereka berada di peringkat ke-14 dengan koleksi 24 poin dari 23 kali tanding.

Selain itu, hasil ini juga memperpanjang catatan penampilan buruk mereka dimana dalam lima laga terakhirnya, Persija hanya mampu meraih satu kemenangan. Sisanya, tiga kali kalah dan satu kali imbang.

Hanya mampu merebut empat poin dari lima laga, dan berjarak dua angka dari tim juru kunci klasemen, Semen Padang saat ini, sangat wajar jika para pendukung setianya The Jakmania sangat geram.

Protes menuntut perbaikan performa mereka lakukan di setiap laga. Mulai dari membentangkan spanduk bernada sindiran  di stadion, hingga membanjiri kolom komentar akun Instagram resmi Persija dan para penggawanya.

Pelatih Persija, Edson Tavares masih mempunyai waktu hingga dua bulan ke depan, untuk melakukan pembenahan dan evaluasi tim sebelum kompetisi Liga 1 musim 2019 berakhir.

Apalagi disisa pertandingan putaran kedua ini, mereka akan menghadapi laga-laga sulit. Persija masih harus melawan Borneo FC, Arema FC, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Madura United dan Persebaya Surabaya.

"Misinya tak mudah. Persija memulai musim dengan cara yang buruk. Pemain yang tak ada di level Persija ada di sini, jadi klub mempunyai banyak hal yang harus diselesaikan," kata Edson Tavares selepas ditaklukkan Persib di Bali.

Dari 11 pertandingan sisa, Persija wajib menargetkan banyak kemenangan dan sebisa mungkin tampil konsisten demi menghindari kekalahan, jika Bambang Pamungkas cs tidak ingin tampil di kasta kedua musim depan.

"Masih ada 11 pertandingan yang seperti final. Saya mempunyai kepercayaan diri meski kami kalah di hari ini, tapi saya percaya diri karena kami bisa lebih baik, jauh lebih baik," Tavares menambahkan.

Selanjutnya, Persija Jakarta akan menjamu Tira Persikabo pada pekan ke-26 Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, pada Minggu (03/11/19) mendatang.