Liga Italia

Konflik San Siro Tak Berujung, Wali kota Milan Berikan Solusi Terbaik

Kamis, 31 Oktober 2019 08:25 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© archistadia-en
Wali kota Milan, Beppe Sala, berikan solusi terbaik terkait pembangunan Stadion San Siro yang baru. Copyright: © archistadia-en
Wali kota Milan, Beppe Sala, berikan solusi terbaik terkait pembangunan Stadion San Siro yang baru.

INDOSPORT.COM - Kontroversi terkait penghancuran San Siro masih menjadi perdebatan berbagai pihak. Situasi ini membuat Wali kota Milan, Beppe Sala, turun tangan untuk memberikan solusi terbaik.

Sebelumnya, Inter Milan dan AC Milan dikabarkan bersepakat untuk membangun stadion baru dengan menghancurkan San Siro. Sayang, keputusan ini mendapat kecaman dari berbagai pihak lain.

Pasalnya, San Siro sudah menjadi ikon tersendiri bagi dua klub raksasa Serie A Italia itu dan memiliki nilai sejarah yang terbilang tinggi. Tak ayal penghancuran ini bisa memberikan citra buruk baik bagi Inter dan AC Milan.

Beppe Sala pun menyampaikan solusi terbaik terkait akan hal ini, yakni solusi gabungan dengan tidak menghancurkan San Siro dan membangun stadion kecil di ruang kosong. Solusi ini dianggap sebagai jalan tengah agar konflik terkait San Siro segera berakhir.

"Solusi terbaik untuk konflik San Siro adalah solusi gabungan, dengan ruang kosong komersil dan stadion kecil yang akan berguna bagi Kota Milan," ujar Beppe Sala dilansir Calciomercato.

"Kita semua harus mengerti tentang kelayakan, terutama untuk kelayakan finansial dan itu merupakan bagian terpenting dalam olahraga sepak bola. Bukan hanya tentang Serie ALiga Italia, melainkan sepak bola wanita dan pemain muda," tutupnya.

Keputusan Beppe Sala tampaknya cukup bagus untuk finansial Inter Milan dan AC Milan. Pemanfaatan ruang kosong tanpa menghancurkan San Siro ditaksir bisa membuat dua klub menghemat biaya 700 juta euro (sekitar Rp11 triliun).