Liga Indonesia

Eks Bali United Bandingkan Besarnya Gaji Pemain Asing di Thailand Ketimbang Indonesia

Sabtu, 2 November 2019 19:10 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Eks pemain klub Liga 1 Bali United asal Belanda, Kevin Brands, mengatakan bahwa gaji pemain asing di Liga Thailand lebih besar daripada di Liga Indonesia. Brands mengungkapnya berdasarkan pengalamannya bermain di dua liga tersebut.

“Gaji pemain asing di Thailand lebih tinggi. Buriram United contohnya, membayar pemain Brasil, Pedro Junior, per bulannya hampir 900 juta rupiah. Sepertinya, di Indonesia tidak ada nilai pemain asing yang mendekati angka itu,” ucap Brands dilansir dari Voetbalzone.

“Gaji yang didapat Pedro Junior bahkan tidak bisa didapatkan banyak pemain di Belanda. Saya berpendapat bagi pemain Belanda yang tidak berkembang di negeri sendiri untuk mencari peluang bermain di Asia,” tambahnya.

Menurut eks AZ Alkmaar tersebut, beberapa klub di Thailand mampu membayar gaji yang sangat besar. Brands menyamakan Thailand dengan Inggris yang rela membayar mahal pemain asing. Sedangkan, Indonesia dianggapnya seperti Belanda yang tak terlalu jor-joran.

Brands berkilah bahwa kemampuan finansial Thailand berdampak kedatangan pemain asing yang lebih baik. Tim besar di Negeri Gajah Putih pun dinilainya memiliki fasilitas terbaik. Imbasnya, jalannya kompetisi menjadi lebih profesional.

“Jika mengambil contoh Buriram United, mereka memiliki hotel, pesawat, dan stadion yang fantastis. Tak hanya itu, masih ada tiga atau empat klub yang bisa memberikan fasilitas itu,” lanjut pemain berusia 31 tahun itu.

Kevin Brands sendiri merupakan eks pemain Bali United pada Liga 1 2017-2018. Kariernya di sana hanya berlangsung tiga bulan karena kurang cocok dengan sepak bola Indonesia. Kini, ia bermain untuk klub divisi dua Liga Thailand, Lampang FC.