Bola Internasional

Presiden FIFA Dukung Negara ASEAN Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Minggu, 3 November 2019 19:11 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino, mendukung negara-negara Asia Tenggara berjuang jadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Copyright: © Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino, mendukung negara-negara Asia Tenggara berjuang jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

INDOSPORT.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino, baru saja menandatangani MoU dengan negara-negara ASEAN untuk mendukung mereka menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Infantino memang mengunjungi Negeri Gajah Putih untuk menghadiri final Piala FA Thailand pada Sabtu (02/11/19), di mana Port FC dan Ratchaburi Mitr Phol FC saling berhadapan. Laga itu sendiri dimenangkan Port FC dengan skor 1-0.

"Presiden FIFA, Infantino menghadiri dan mempersembahkan piala untuk para pemenang pertandingan," kata Presiden FA Thailand, Somyot Poompunmuang, seperti dikutip dari Fox Sports Asia.

Ketua FA Thailand menambahkan bahwa Gianni Infantino juga akan menandatangani nota kesepahaman dengan Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Vietnam, untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

“Selama KTT ASEAN, presiden FIFA akan menandatangani MoU dengan negara-negara ASEAN, mendukung upaya bersama yang direncanakan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA,” tambah Somyot Poompunmuang.

Sementara itu, dikutip dari 7News, dalam MoU yang ditandatangani tersebut juga disepakati soal investasi serta peningkatan kapasitas dan pendidikan olahraga khususnya melalui program sepak bola untuk sekolah FIFA.

"Setelah beberapa dekade diskusi antara semua negara ASEAN, akhirnya, kami menemukan satu topik yang menyatukan semua orang. Itu sepak bola," kata Gianni Infantino pada upacara seremonial.

Penandatanganan MoU dukungan tersebut merupakan angin segar bagi para pemimpin negara-negara ASEAN yang pada awal tahun ini mengungkapkan keinginan mereka bekerja sama sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.