Liga Indonesia

Harapan dan Sentilan Halus Rahmad Darmawan untuk Pengurus Baru PSSI

Selasa, 5 November 2019 07:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Coro Mountana
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

INDOSPORT.COM – PSSI telah memiliki kepengurusan baru untuk periode 2019-2023 berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB), Sabtu (02/11/19) lalu.

Mochammad Iriawan alias Iwan Bule terpilih menjadi ketua umum PSSI didampingi oleh Iwan Budianto dan Cucu Somantri sebagai wakil ketua umum. Terkait hal itu, pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan lantas mengungkapkan harapannya.

Coach RD (sapaan Rahmad Darmawan) ingin ada perubahan yang dilakukan PSSI, terutama menyoal jadwal kompetisi yang kerap berbarengan dengan Timnas Indonesia.

Menurut RD, amburadulnya jadwal sangat mengganggu persiapan klub dan pemain, sehingga berdampak negatif saat ada panggilan membela Timnas.

"Kami ingin kompetisi dengan jadwal yang jelas. Taat kepada regulasi FIFA termasuk keluar masuk pemain dari kub ke Timnas. Saya kritik soal itu karena buat saya, pemain ini dibutuhkan baik di klub maupun Timnas," ujarnya.

Tak hanya itu, RD juga ingin ada refreshing untuk perangkat pertandingan. Baginya masih banyak kesalahan yang terjadi dan kerap merugikan klub, meski sudah ada peningkatan dibanding tahun lalu.

RD juga memberikan sindiran halus ke PSSI terkait verifikasi stadion. Eks pelatih Sriwijaya FC itu menilai banyak lapangan yang tak layak pakai, bahkan untuk kompetisi kasta atas, Liga 1.

"Verifikasi stadion harus benar-benar ketat. Stadion aturannya jelas seperti apa, itulah yang harus berlaku. Stadion Persikabo Cibinong gak boleh tapi yang lebih jelek kok boleh, harus ketat. Boleh ya boleh, gak boleh ya gak boleh," tegasnya.

Tentu sentilan halus Rahmad Darmawan terhadap kepengurusan baru PSSI yang dipimpin Iwan Bule merupakan bentuk kepeduliannya agar sepak bola Indonesia bisa maju.