Bola Internasional

FIFA dan AFC Restui Liga Champions ASEAN, Bagaimana Peluang Klub Indonesia?

Rabu, 6 November 2019 16:32 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© sepakbola.com
Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah memberi lampu hijau digelarnya kompetisi antar klub ASEAN pada tahun 2020 mendatang. Copyright: © sepakbola.com
Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah memberi lampu hijau digelarnya kompetisi antar klub ASEAN pada tahun 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah memberi lampu hijau digelarnya kompetisi antar klub ASEAN pada tahun 2020 mendatang.

FIFA dan AFC pun mendukung penuh kompetisi yang digadang-gadang menjadi Liga Champions-nya Asia Teggara tersebut.

Dilansir dari laman berita sepak bola Bernama, FIFA dan AFC telah melakukan pertemuan dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) guna membahas kompetisi yang kelak akan disebut sebagai ASEAN Club Champions (ACC).

Hal itu diakui oleh Presiden AFF, Khiev Sameth. Sameth menjelaskan, Presiden AFC Sheikh Salman Ebrahim Al Khalifa telah satu suara dengan Presiden FIFA Gianni Infantino terkait penyelenggaraan kompetisi antar klub ASEAN.

“Kami telah membahas rencana kami terkait kejuaraan antar klub dengan Presiden Infantino dan dan Sheikh Salman. Mereka memberikan dukungan penuh dan kami merasa terhormat mendapat dukungan dari FIFA dan AFC,” ujar Khiev Sameth.

Rencananya, kejuaraan antar klub ASEAN yang digelar tahun depan akan digelar dengan format layaknya Liga Champions UEFA yang menjadi kompetisi antar klub elite Benua Eropa.

Kejuaraan antar klub ASEAN akan diikuti oleh 12 klub terbaik yang berasal dari negara-negara anggota AFF, termasuk Indonesia. Hal ini tentu membuka peluang bagi Indonesia untuk mengirimkan wakilnya yang bisa berasal dari kompetisi Liga 1.

Layaknya Liga Champions Eropa, nantinya setiap klub yang berpartisipasi di kejuaraan antar klub ASEAN juga akan menerima fee atau prize money, mulai dari babak penyisihan grup hingga fase berikutnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%