Liga Indonesia

Membandingkan Jonathan Bauman dengan Fernando Rodriguez, Mana Lebih Menjanjikan Buat Klub Liga 1

Kamis, 7 November 2019 19:49 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fernando Rodriguez
Jonathan Bauman dan Fernando Rodriguez dilepas oleh klub Liga Malaysia Kedah FA, siapa diantara keduannya yang lebih baik buat klub Liga 1 musim depan? Copyright: © Fernando Rodriguez
Jonathan Bauman dan Fernando Rodriguez dilepas oleh klub Liga Malaysia Kedah FA, siapa diantara keduannya yang lebih baik buat klub Liga 1 musim depan?

INDOSPORT.COM - Jonathan Bauman dan Fernando Rodriguez dilepas oleh klub Liga Malaysia Kedah FA, siapa diantara keduannya yang lebih baik buat klub Liga 1 musim depan?

Dua penyerang yang sempat bermain di Liga 1, Jonathan Bauman dan Fernando Rodriguez kini berstatus tanpa klub, usai keduanya dilepas oleh klub Liga Malaysia, Kedah FA. 

Status keduannya yang bebas transfer itu pun kemudian menghadirkan spekulasi akan peluang kembali bermain di Liga 1 musim depan.

Khusus buat Jonathan Bauman, mantan pemain Persib Bandung itu bahkan sudah banyak dirayu suporter Persija Jakarta, The Jakmania di media sosial untuk datang ke klub pujaannya.

Dengan catatan yang cukup menjanjikan kala berseragam Kedah FA selama semusim di Liga Malaysia, Bauman memang akan jadi komoditas yang bagus untuk klub-klub Liga 1 musim depan, termasuk Persija Jakarta.

Tetapi jika dibandingkan dengan kompatriotnya di Kedah FA musim lalu, apakah Bauman lebih bagus? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT menjabarkan perbandingannya. Mana lebih baik, Jonathan Bauman atau Fernando Rodriguez.

Jonathan Bauman vs Fernando Rodriguez 

Musim lalu atau di Liga Malaysia 2019, Jonathan Bauman sukses menyarangkan lima gol dalam 14 kesempatannya bermain untuk Kedah FA. Jumlah itu juga dilengkapinya dengan catatan tiga asist sepanjang musim.

Buat Kedah FA musim lalu, catatan Bauman terhitung bagus dibanding pemain lainnya, tetapi memang masih kalah dari Fernando Rodriguez yang mencatatkan satu gol lebih banyak, enam gol.

Namun Bauman memiliki nilai lebih, lewat catatan asisstnya yang lebih banyak. Rodriguez hanya bisa menciptakan satu asisst sepanjang musim.

Kemampuan Bauman dalam memberikan asisst yang berujung gol memang sebuah nilai lebih yang dimiliki pemain 28 tahun itu.

Terbukti saat bermain di Liga 1 2018 bersama Persib Bandung, Bauman juga cukup produktif dalam menciptakan asisst. Dengan jumlah delapan asisst dari 26 pertandingan.

Jumlah asisst yang terhitung banyak itu juga tak mengurangi ketajamannya, yang bisa mengemas total 12 gol buat Persib Bandung.

Kemampuan Bauman dalam mencetak gol dan menciptakan asisst di Liga 1, juga terhitung lebih baik dari Fernando Rodriguez. Pemain yang penah merumput bersama Mitra Kukar itu memang bisa mencetak 15 gol di Liga 1 2018, namun dirinya hanya bisa menciptakan satu asisst sepanjang musim.

Meksi kalah dalam catatan asist, Rodriguez yang emmang tipikal seorang bomber, juga memiliki kelebihan dari Bauman. Yakni perihal dirinya yang sempat merasakan bermain di kompetisi Asia, Piala AFC tahun 2017 bersama Ceres Negros. Sebuah pengalaman yang belum dimiliki Bauman yang baru datang ke Asia kala membela Persib Bandung di Liga 1 2018.