Liga Indonesia

Diterjang Angin Kencang, 9 Stadion Indonesia Pernah Alami Kerusakan

Minggu, 10 November 2019 17:39 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Sedikitnya ada 9 stadion sepak bola yang ada di Indonesia mengalami kerusakan akibat cuaca buruk seperti diterjang angin kencang. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Sedikitnya ada 9 stadion sepak bola yang ada di Indonesia mengalami kerusakan akibat cuaca buruk seperti diterjang angin kencang.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 9 stadion sepak bola yang ada di Indonesia mengalami kerusakan akibat cuaca buruk seperti diterjang angin kencang.

Indonesia terkenal dengan wilayah yang memiliki dua musim saja, yakni panas dan hujan. Akan tetapi tak jarang kerap menghadirkan sesuatu yang kurang baik.

Seperti halnya adalah angin kencang yang tak jarang menimbulkan kerugian materil. Lantaran angin kecang kerap merusak bangunan yang ada disekitar.

Terbaru, angin kencang juga sempat melanda kawasan Bojonegoro, Jawa Timur. Ratusan rumah rusak ringah sampai berat hingga pohon beterbangan.

Tak hanya itu, dalam beberapa waktu belakangan, angin kencang juga sempat menerpa stadion sepak bola dan membuat kerusakan yang mengganggu.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mengetahui deretan stadion di Indonesia yang mengalami kerusakan akibat dilanda angin kencang. Simak.

1. Stadion Arcamanik

© Istimewa
Stadion Arcamanik Bandung roboh dihantam angin kencang. Copyright: IstimewaStadion Arcamanik Bandung roboh dihantam angin kencang.

Baru-baru ini Stadion Arcamanik, Bandung yang berisi diterpa angin kencang, Sabtu (09/11/19) kemarin. Hal tersebut merusak beberapa bagian atap stadion.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dalam beberapa video amatir yang beredar di dunia maya, kerusakan begitu parah terlihat.

Atap stadion langsung terbang karena kencangnya angin yang melintas. Beberapa penyangga atap juga ambruk. Menurut penjaga keamanan kejadian hanya berlangsung selama satu menit saja.

2. Stadion Jakabaring

© Twitter/@WindyAP_
Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang rusak usai diterjang angin kencang, Sabtu (27/10/18). Copyright: Twitter/@WindyAP_Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang rusak usai diterjang angin kencang, Sabtu (27/10/18).

Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, juga sempat mengalami kerusakan akibat angin kencang disertai hujan lebat, tepatnya pada Oktober 2018 silam.

Atap stadion yang bisa menampung 38 ribu penonton lebih ini terlihat terbang usai lepas dari penyangga dan menimpa tribune penonton. Tak hanya itu bangku cadangan pemain juga ambruk.

Padahal saat itu, Stadion Jakabarin bakal disiapkan untuk menghelat ajang multi event Asian Games 2018. Beruntung pihak pengelola langsung memperbaikinya.

3. Stadion Panongan

© Kabar6.com
Atap Stadion Mini Panongan, Tangerang rusak akibat angin kencang. Copyright: Kabar6.comAtap Stadion Mini Panongan, Tangerang rusak akibat angin kencang.

Lalu ada Stadion Panongan, Tangerang yang juga mengalami kerusakan usai diterpa angin kencang berbarengan hujan deras, November 2018 silam.

Atap Stadion Panongan yang terbuat dari baja ringan ambruk seketika. Beruntung tak ada korban jiwa ketika angin kencang melanda venue tersebut.

Padahal kala itu Stadion Panongan sedang dalam masa pembangunan. Usai peristiwa tersebut pihak berwenang langsung membersihkan puing-puing reruntuhan stadion.

4. Stadion Andi Tjatjok

© Korankaltim.com
Stadion Andi Tjatjok, Kalimantan Utara mengalami kerusakan usai diterpa angin kencang. Copyright: Korankaltim.comStadion Andi Tjatjok, Kalimantan Utara mengalami kerusakan usai diterpa angin kencang.

Bertolak ke wilayah lain dimana Stadion Andi Tjatjok, Tanjung Selor, Kalimantan Utara pernah mengalami kerusakan akibat angin kencang, Desember 2017 silam.

Angin kencang diikuti guyuran hujan berkekuatan hingga 30 knot per detik terjadi pada malam hari kala itu melepaskan atap stadion hingga ambruk.

Stadion yang sudah ada sejak 2002 silam ini tak disangka bisa roboh oleh warga sekitar. Mengetahui hal tersebut Bupati setempat siap memperbaikinya. 

5. Stadion Seribu Bukit

© For Serambinews.com
Stadion Seribu Bukit, Aceh rusak diterjang angin kencang. Copyright: For Serambinews.comStadion Seribu Bukit, Aceh rusak diterjang angin kencang.

Bergeser ke wilayah paling barat Indonesia, tepatnya Aceh, sempat dilanda angin kencang dibarengi hujan lebat. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada Stadion Seribu Bukit.

Insiden tak mengenakan itu terjadi pada sore hari. Bahkan atap stadion sampai lepas usai tak kuat menahan angin kencang yang melanda, Juli 2019.

Pemerintah setempat pun langsung membersihkan sisa-sisa puing yang lepas sampai melakukan evaluasi untuk ke depannya.

6. Stadion Wibawa Mukti

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Stadion Wibawa Mukti Cikarang Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RStadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.

Pada April 2015 silam, ternyata Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat pernah mengalami kerusakan akibat bencana alam angin kencang dan hujan deras.

Kala itu Stadion Wibawa Mukti masih dalam tahap pembangunan. Beruntungnya kejadian tersebut tak merenggut korban jiwa ataupun orang yang terluka.

Atap stadion yang menjulang tinggi terlihat melengkung. Namun insiden tersebut langsung diatasi dengan cepat hingga kini menjadi stadion yang kerap dipakai peserta Liga 1.

7. Stadion Wergu Wetan

© Klikfakta.com
Atap Stadion Wergu Wetan, Kudus roboh diterjang angin kencang. Copyright: Klikfakta.comAtap Stadion Wergu Wetan, Kudus roboh diterjang angin kencang.

Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Timur juga pernah mengalami kerusakan usai dilanda angin kencang saat hujan deras melanda pada November 2018 silam.

Atap tribune penonton ambruk diduga karena kualitas material bangunan yang kurang mendukung. Maka dari itu pemerintah setempat melakukan penyelidikan.

Ditaksir kerugian atas robohnya rangka serta atap galvalum mencapai Rp300 juta. Pada Juli 2019, Pemkab Kudus menggelontorkan dana Rp80 miliar untuk renovasi stadion.

8. Stadion Lodaya

© beritahariankosmo.com
Atap Stadion Lodaya, Subang terbalik pasca dilanda angin kencang. Copyright: beritahariankosmo.comAtap Stadion Lodaya, Subang terbalik pasca dilanda angin kencang.

Berikutnya ada Stadion Lodaya, Subang, Jawa Barat yang pernah mengalami kerusakan akibat mengalami hujan deras ditemani angin kencang, November 2011 silam.

Atap tribune Stadion Lodaya sempat roboh ke area parkir motor dan membuat seorang mahasiwa terluka kala berteduh. Insiden tersebut terjadi begitu cepat.

Pemerintah setempat lagnsung meninjau Stadion Lodaya pasca mengetahui rusak akibat angin kencang guna melakukan penyelidikan lebih dalam.

9. Stadion Demang Rondong

© Wikipedia
Stadion Rondong Demang, Kalimantan Timur. Copyright: WikipediaStadion Rondong Demang, Kalimantan Timur.

Terakhir ada Stadion Demang Rondong, Tenggarong, Kalimantan Timur pernah mengalami kerusakan pasca diterpa angin kencang, Februari 2013 silam.

Atap Stadion Demang Rondong lepas dari penyangga. Hal itu terjadi pada malam hari dan diketahui berlangsung selama kurang lebih dua jam lamanya.

Sederet atap rumah warga lepas, bagian Gedung Putri Karang Melenu rusak, pohon-pohon tumbang, sampai jaringan kabel listrik sempat putus.

Itulah tadi deretan stadion yang berada di Indonesia pernah mengalami kerusakan akibat angin kencang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%