Bola Internasional

Media Vietnam: Timnas Indonesia Menurun Bukan karena Simon McMenemy

Minggu, 10 November 2019 18:29 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Salah satu media berita olahraga asal Vietnam secara mengejutkan mengatakan bahwa terpuruknya Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bukan karena Simon McMenemy. Copyright: © PSSI
Salah satu media berita olahraga asal Vietnam secara mengejutkan mengatakan bahwa terpuruknya Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bukan karena Simon McMenemy.

INDOSPORT.COM - Salah satu media berita olahraga asal Vietnam secara mengejutkan mengatakan bahwa terpuruknya Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bukan karena Simon McMenemy.

Timnas Indonesia sedang dalam periode buruk. Di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, skuat Garuda hanya dijadikan bulan-bulanan oleh empat negara lain.

Timnas Indonesia tumbang dari tiga negara sesama Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, dan Vietnam di rumah sendiri. Kemudian, tim Garuda dibantai saat menyambangi markas Uni Emirat Arab (UEA).

Torehan buruk itu membuat PSSI memutuskan untuk memecat Simon McMenemy dari kursi pelatih kepala Timnas Indonesia. Namun, menurut media Vietnam, Zing.vn, hal itu tidak menyelesaikan masalah.

Menurut Zing.vn, permasalahan Timnas Indonesia ada di jadwal Liga 1 2019. Jadwal yang tidak bersinergi dengan agenda tim nasional membuat fisik para pemain Garuda kelelahan.

Zing.vn mencontohkan kasus Riko Simantunjak. Ia langsung membela Persija Jakarta di Liga 1 2019, sehari setelah Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam.

"Setelah pertandingan melawan Vietnam, pemain Indonesia Riko Simanjuntak segera kembali ke klub di pertandingan berikutnya," tulis Zing.vn.

"Banyak pemain lain juga hanya memiliki 1-2 hari istirahat sebelum melanjutkan untuk berkompetisi di Liga Indonesia," imbuhnya.

Jadwal Liga 1 2019 memang kerap menuai kritikan. Bahkan, pada jeda internasional mendatang, pertandingan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia akan terus berjalan saat tim nasional akan bertanding.

1