Liga Inggris

Wenger: Anfield Punya Andil Besar di Balik Kesuksesan Liverpool

Selasa, 12 November 2019 12:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Arsene Wenger memuji keangkeran Anfield yang menjadi kekuatan terbesar Liverpool di kandang. Copyright: © Getty Images
Arsene Wenger memuji keangkeran Anfield yang menjadi kekuatan terbesar Liverpool di kandang.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengatakan Stadion Anfield punya kekuatan magis yang membantu Liverpool tampil beda dalam persaingan gelar Liga Inggris musim ini.

Seperti diketahui, Anfield lagi-lagi memakan korban, kali ini Manchester City. Dalam lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu, Minggu (10/11/19), Liverpool berhasil mengukuhkan posisi di puncak klasemen sementara setelah menundukkan The Citizens dengan skor 3-1.

“Ketika Liverpool mampu menguasai kompetisi di Eropa, sebagian besar hal itu tergantung pada Anfield,” kata Arsene Wenger, seperti dikutip dari berita Liga Inggris laman Liveroool Echo.

“Ini (Anfield) memang tempat yang angker di Eropa, satu-satunya tempat di mana Anda dapat mengambil tendangan sudut serta berjabat tangan dengan suporter. Anda bahkan dapat mengatakan ‘Halo Saudaraku, apa kabar?’ dan masih terus bermain sepak bola,” sambungnya.

“Saat ini kita memang bisa membangun banyak stadion canggih, namun Anfield adalah stadion yang memiliki jiwa yang mampu menekan setiap lawan yang datang ke sana," ucap Wenger lagi.

Bukan hal yang mengheran, jika sebelum mengalahkan Manchester City,  Jurgen Klopp juga sudah mewanti-wanti para pendukung tim untuk segera memenuhi Stadion Anfield. Dukungan dari suporter di kandang sendiri menjadi sebuah lecutan semangat Mohamed Salah dkk bertanding. 

Berkat magis Anfield dan kemenangan atas pasukan Pep Guardiola membuat Liverpool kini jadi tim yang tak terkalahkan dalam 46 pertandingan kandang di ajang Liga Inggris. 

Kekalahan terakhir yang dialami Liverpool saat bermain di Anfield sendiri terjadi pada April 2017 saat menghadapi Crystal Palace.