Liga Indonesia

Kiprah Julius Josel Omkarsba, Debut Perdana Bersama Persib di Liga 1

Rabu, 13 November 2019 20:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Perib.co.id
Tak ada salahnya untuk mengetahui kiprah singkat wonderkid Persib Bandung Julius Josel Omkarsba usai jalani debut di Liga 1 2019. Copyright: © Perib.co.id
Tak ada salahnya untuk mengetahui kiprah singkat wonderkid Persib Bandung Julius Josel Omkarsba usai jalani debut di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk mengetahui kiprah singkat wonderkid Persib Bandung Julius Josel Omkarsba usai jalani debut di Liga 1 2019.

Julius Josel diturunkan oleh kepala pelatih Persib Robert Rene Alberts pada menit ke-90+2 kala bersua Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (12/11/19).

Hal tersebut menjadi debut perdana bagi Julius Josel bersama Persib di kompetisi sepak bola teratas Indonesia. Tentu saja ini menjadi nilai positif.

Meski begitu, pada musim 2018, Julius Josel pernah tampil bersama Persib Bandung dalam laga babak 128 besar melawan PSKC Kota Cimahi.

Julius Josel merupakan salah satu dari empat pemain yang diberikan jatah promosi dari U-20 ke senior oleh tim pelatih Persib pada paruh musim 2019.

"Saya rasa mereka punya potensi yang bagus, seperti saya katakan Bandung punya banyak pemain yang bertalenta," ujar Robert Alberts, September 2019.

Julius Josel sendiri mengaku kalau awalnya diminta untuk menjalani latihan bersama tim senior saja. Tetapi berkat performanya yang menanjak, Julius dipromosikan.

"Puji Tuhan, sebuah kebanggaan bagi saya sendiri dan juga sebuah motivasi bagi saya anak muda, karena tidak semua anak muda bisa masuk ke tim Persib," ujar Julius Josel.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain muda Persib Bandung, Julius Josel di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/9/19). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain muda Persib Bandung, Julius Josel di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/9/19).

Jauh sebelum Julius Josel gabung ke Persib, ternyata diketahui kalau wonderkid berbakat ini sudah sejak kecil menekuni dunia sepak bola.

Pada 2012 silam, Julius Josel mengikuti ajang AC Milan Camp Junior yang digelar oleh Pertamina untuk kedua kalinya. Saat itu Julius Josel masih kelas 3 SMPN 9 Sorong.

Sebelumnya di 2011, Julius Josel sempat tembus sampai ke Milan Camp di Bali. Tetapi dirinya gagal masuk ke Indonesia All Star Team berdasarkan laman resmi BUMN.

Anak dari Joppi Omkarsba dan Selvia Rumbrawer ini pun bertekad ingin menebus kegagalan tahun sebelumnya. Akhirnya Julius Josel pun bisa masuk ke Indonesia All Star Team.

Bahkan Julius Josel pun mendapatkan beasiswa Pertamina Soccer School dan harus menjalani pemusatan latihan di bawah bimbingan instruktur dari AC Milan dan UNJ selam tiga tahun.

© persib.co.id
Ezechiel dan Julius Josel Copyright: persib.co.idEzechiel dan Julius Josel.

Hasilnya, Julius Josel pun sempat membela Persipura Jayapura U-19 sekaligus menjuarai ajang tersebut pada musim 2017 silam.

Semusim berselang, Julius Josel dipinang oleh Persib Bandung U-19 dan kembali berhasil membawa tim yang dibelanya saat ini meraih juara.

Awal kedatangannya di Bandung, Julius Josel berniat untuk meneruskan pendidikan ke jejang yang lebih tinggi, yakni FPOK UPI tetapi nasib membawanya membela Persib.

Bahkan Julius Josel pun mendapat promosi untuk membela Persib U-20. Akan tetapi dirinya hanya bisa membawa Maung Bandung finis di babak grup Liga 1 U-20 2019 saja.

Kini Julius Josel telah tampil bersama tim senior Persib. Besar harapan dirinya bakal menjadi tulang punggung klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat di masa depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%