Liga Inggris

Lama Menganggur, Arsene Wenger Dapat Surat dari FIFA

Kamis, 14 November 2019 18:42 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© twitter.com/
Mantan pelatih klub Liga Inggris, Arsenal, yakni Arsene Wenger mendapat panggilan dari FIFA. Copyright: © twitter.com/
Mantan pelatih klub Liga Inggris, Arsenal, yakni Arsene Wenger mendapat panggilan dari FIFA.

INDOSPORT.COM - Arsene Wenger memang sudah lama keluar dari pekerjaannya sebagai pelatih klub Liga Inggris, Arsenal setelah 22 tahun berkarier di klub tersebut. Akhir musim 2017-2018 menjadi musim terakhir Arsene Wenger menjadi seorang pelatih.

Setelah keluar dari pekerjaan sebagai pelatih The Gunners, Arsene Wenger hingga kini belum lagi melatih klub apapun, meski sempat dikaitkan dengan sejumlah klub elite Eropa, termasuk baru-baru ini, Manchester United dan juga Bayern Munchen.

Namun belum juga ada kesepakatan resmi dari kedua klub tersebut, Wenger kini telah mendapat pekerjaan baru, yaitu dengan menempati posisi penting di Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA.

Pelatih asal Prancis itu kini menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global oleh FIFA.

Pelatih legendaris tersebut juga memegang otoritas penting dalam masalah teknis, sebagai anggota Football and Technical Advisory Panels yang terlibat dalam kajian IFAB dan proses pengambilan keputusan tentang perubahan potensial pada Hukum Permainan.

“Saya menantikan tantangan penting ini. Saya tahu saya bisa berkontribusi dan akan mengerahkan seluruh energi saya untuk ini,” papar mantan pelatih klub Liga Inggris, Arsenal, Arsene Wenger dilansir Mirror.

© Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino. Copyright: Getty ImagesPresiden FIFA, Gianni Infantino.

Menanggapi penunjukan itu, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan pengetahuan dan pengalaman Wenger dalam sepak bola telah menjadikan dirinya sangat diperhitungkan.

“Pengetahuan mendalam dan semangat Arsene untuk berbagai aspek permainan menjadikannya berbeda sebagai salah satu kepribadian paling dihormati dalam sepak bola,” tutur Gianni Infantino.

Ia pun menambahkan bahwa kehadiran Arsene Wenger adalah bukti hahwa FIFA terus memperkuat tujuan mereka.

“Kedatangannya adalah cantoh lain tentang bagaimana kami terus memperkuat tujuan kami untuk membawa FIFA kembali ke sepakbola,” lanjut Presiden FIFA tersebut.

Arsene Wenger sebelumnya telah bekerja secara sporadis sebagai pakar untuk beIN SPORTS dan kini mengisyaratkan dirinya ingin kembali ke manajemen sepak bola. Sebelumnya, pria berusia 70 tahun itu dikaitkan namanya sebagai pengganti Niko Kovac yang dipecat oleh Bayern Munchen.

Kepada beIN SPORTS seperti dilansir Mirror, Arsene Wenger membenarkan bahwa raksasa Jerman itu mendekatinya, tetapi tidak ada langkah serius yang dilakukan Bayern Munchen untuk memboyong dirinya ke Stadion Allianz.

“Pertama-tama, saya tidak pernah menjadi kandidat, saya didekati tetapi tidak dalam pencalonan untuk pekerjaan itu,” ujar pria berjuluk The Profesor tersebut.

Meski belum melatih lagi, namun kini mantan pelatih klub Liga Inggris, Arsene Wenger setidaknya telah mendapatkan pekerjaan yang membanggakan dari bagian FIFA.

Penulis: Reynold Atagoran