Bola Internasional

Masih Tanpa Klub, Eks Persebaya Surabaya Cetak 2 Gol untuk Tajikistan

Jumat, 15 November 2019 15:02 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra herdian/INDOSPORT
Eks Persebaya Surabaya, Manucheckhr Dzhalilov, mencetak dua gol untuk Tajikistan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Myanmar, Kamis (14/11/19). Copyright: © Fitra herdian/INDOSPORT
Eks Persebaya Surabaya, Manucheckhr Dzhalilov, mencetak dua gol untuk Tajikistan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Myanmar, Kamis (14/11/19).

INDOSPORT.COMManucheckhr Dzhalilov mencetak dua gol untuk Tajikistan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Myanmar, Kamis (14/11/19). Hanya saja, dua gol itu tak cukup menyelamatkan Tajikistan dari kekalahan 3-4.

Dzhalilov mencetak gol pertamanya pada menit ke-36 lewat titik putih. Sepakannya ke arah kiri berhasil mengecoh kiper Myanmar, Kyaw Zin Htet, yang bergerak ke arah sebaliknya. Gol eks Persebaya Surabaya itu membawa Tajikistan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dzhalilov kemudian menciptakan gol keduanya pada menit ke-77. Ia berhasil menerima umpan silang dari Manucheckhr Safarov dari sisi kanan. Dengan gol tersebut, Dzhalilov membawa Tajikistan memperkecil ketertinggalan menjadi 3-4.

Setelah gol Dzhalilov, Tajikistan terus menyerang tuan rumah Myanmar. Namun, peluang tendangan penjuru mereka di menit ke-90+3 gagal. Kegagalan tersebut membuat Myanmar langsung melancarkan serangan balik yang bahkan hampir menjadikan gol kelima.

Dzhalilov sendiri masih dipercaya oleh pelatih Usmon Toshev untuk memperkuat lini depan Tajikistan. Meski belum memiliki klub sejak dilepas Persebaya pada paruh kedua Shopee Liga 1, ia masih terus membuktikan dirinya bisa bersaing di kancah internasional.

Selain Dzhalilov, ada juga pemain Shopee Liga 1 yang dipanggil ke skuat Tajikistan. Ia adalah bek Tira-Persikabo, Khurshed Beknazarov. Namun, pemain Laskar Padjadjaran itu tidak diturunkan dan hanya berada di bangku cadangan sepanjang laga.

Kekalahan ini membuat peluang Tajikistan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 semakin sulit. Mereka berada di posisi ketiga dan tertinggal enam poin dari Jepang, pemuncak klasemen sementara grup F.