Liga Indonesia

Legenda Persib Nilai Robert Alberts Sudah Temukan Komposisi Terbaik Timnya

Sabtu, 16 November 2019 09:22 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019)

INDOSPORT.COM - Legenda Maung Bandung, Yudi Guntara menilai pelatih Robert Rene Alberts sudah menemukan komposisi terbaik tim Persib untuk berlaga di kompetisi Shopee Liga 1 2019. 

Menurut Yudi, tidak mudah bagi pelatih asal Belanda tersebut membentuk tim kebanggaan Bobotoh menjadi berkualitas. Pasalnya, Robert Alberts masuk beberapa pekan sebelum kick off Liga 1 menggantikan Miljan Radovic.

Sehingga, saat mengarungi putaran pertama penampilan Persib kurang maksimal. Karena, Robert Alberts masih mencari komposisi tim terbaiknya, dengan melakukan rotasi pada setiap pertandingan. 

"Ketika masuk coach Alberts menjelang pertandingan di liga pertama itu semingguan. Istilahnya coach Alberts buta dan banyak laga yang akhirnya dijadikan uji coba, banyak putaran pertama laga dijadikan uji coba. Beckham dipasang, Zola dipasang, Kim dipasang," ucap Yudi. 

Memasuki putaran kedua, Robert Alberts mulai mengantongi komposisi pemain terbaiknya, ditambah lagi hadirnya tiga pemain asing anyar Omid Nazari, Kevin van Kippersluis dan Nick Kuipers, membuat kekuatan Persib semakin bertambah. 

"Tapi sekarang di putaran kedua ini sudah kelihatan, sudah beradaptasi, sudah terlihat pemain mana yang sudah tepat bagi coach Robert. Terbukti Erwin, walau cadangan bisa cetak gol di Persipura kemarin. Sekarang tidak ada Ghozali Siregar ada Frets Butuan yang begitu eksplosif," kata Yudi. 

"Tinggal pemain asingnya, terlihat Robert ingin mengganti Mihelic dan Artur ya, sekarang ada Kevin dan Omid, Nick.  Sampai coach juga ingin mengganti Malisic, terbukti Malisic kalau cape konsentrasi hilang dan membuat kesalahan mendasar," jelasnya menambahkan. 

Saat ini menurut Yudi, mantan pelatih PSM Makassar itu tinggal menjaga kondusifitas tim Maung Bandung, akan penampilannya bisa terus meningkat dan kembali meraih poin penuh

"Sekarang tinggal menjaga kekompakan tim, mental bertanding sudah dapat, coach Alberts juga tidak pusing lagi kalau ada yang absen. Ezechiel absen di Persebaya juga terbukti bisa menang. Di tengah juga tambah solid, tinggal menjaga kekompakan tim sampai pertandingan selesai. Jangan sampai ada masalah kecil yang mengganggu tim," ungkapnya. 

Sebagai informasi, Persib Bandung saat ini belum terkalahkan dalam enam pertandingan. Selain itu, posisi tim kebanggaan Bobotoh ini terus mulai merangkak naik, dan saat ini untuk sementara berada di posisi 6 dengan mengoleksi 40 poin dari 27 laga yang sudah dilakoninya.