Liga Indonesia

Lini Belakang Keropos, Benarkah PSM Makassar Rindukan Sosok Abdul Rahman?

Minggu, 17 November 2019 08:01 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Lanjar Wiratri
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
PSM kini nampaknya mulai merindukan sosok bek tangguh Abdul Rahman yang selalu menjadi andalan. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
PSM kini nampaknya mulai merindukan sosok bek tangguh Abdul Rahman yang selalu menjadi andalan.

INDOSPORT.COM - Lini belakang PSM Makassar tengah disoroti pada beberapa laga terakhir. Duet Aaron Evans-Hasim Kipuw/Munhar sangat keropos dan telah kebobolan 10 gol dari 4 laga terakhir di Shopee Liga 1 2019, dan PSM kini nampaknya mulai merindukan sosok bek tangguh Abdul Rahman yang selalu menjadi andalan.

Gawang Rivky Mokodompit bahkan selalu kebobolan 3 gol di 3 laga tandang terakhir. Lantas, benarkah PSM merindukan sosok Abdul Rahman yang menjadi palang pintu andalan sejak musim 2018?

PSM telah kehilangan Abdul Rahman selama 8 laga dan selama itu gawang Rivky telah bergetar sebanyak 15 kali di Liga 1. Eks Persib Bandung itu harus absen panjang akibat cedera otot paha.

Selama itu pula, PSM Makassar hanya mampu sekali mencatatkan cleansheet. PSM mengukir hal itu saat melawan Madura United dipekan ke-24 dimana laga berakhir dengan kemenangan 1-0.

Pelatih Darije Kalezic sendiri membenarkan kalau dirinya sangat menantikan kembalinya Abdul Rahman untuk kembali diduetkan bersama Evans. Duet Rahman-Evans memang menjadi andalan Kalezic sedari awal musim di seluruh ajang.

"Lini belakang membuat kesalahan saat gol kedua Persebaya. Itu bisa terjadi jika sebuah klub kehilangan dua pemain belakang yang selalu menjadi pilar," ungkap Darije saat konferensi pers pasca melawan Persebaya, Kamis (14/11/19) lalu.

Dua pemain yang dimaksud Darije ialah Abdul Rahman dan Asnawi Mangkualam. Asnawi sendiri absen karena memperkuat timnas U-23 untuk persiapan Sea Games 2019 Filipina.

Sementara itu, Rivky turut angkat bicara terkait keroposnya lini pertahanan PSM. Pria kelahiran 5 Desember 1988 ini berjanji akan memperbaiki performanya untuk menjaga gawang PSM dari kebobolan.

"Kami harus bangkit karena tiga laga berturut-turut kami selalu kebobolan duluan," tegas mantan pemain Mitra Kukar dan Sriwijaya FC ini.

Abdul Rahman sendiri saat ini sudah kembali bergabung pada latihan rutin PSM meski masih harus berlatih terpisah dengan rekan-rekannya. Sayang, Liga 1 2019 yang menyisakan 8 laga lagi membuat peluang Rahman untuk dimainkan sangat kecil.

Rapor Lini Pertahanan PSM di Liga 1 2019:

Duet Abdul Rahman-Aaron Evans:
13 Laga
12 Kebobolan
4 Cleansheet
Rata-rata Kebobolan 0.92 per Laga

Bukan Duet Abdul Rahman-Aaron Evans:
13 Laga
24 Kebobolan
1 Cleansheet
Rata-rata Kebobolan 1.84 per Laga

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%