In-depth

Mengenal Cliff Bastin: Legenda Arsenal dan Satu-satunya Pesepak Bola Profesional yang Tuli

Minggu, 17 November 2019 21:08 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Arsenal.com
Mengenal sosok Cliff Bastin, Legenda klub Liga Inggris Arsenal yang tuli dan mampu menjadi top skorer ketiga The Gunners sepanjang masa. Copyright: © Arsenal.com
Mengenal sosok Cliff Bastin, Legenda klub Liga Inggris Arsenal yang tuli dan mampu menjadi top skorer ketiga The Gunners sepanjang masa.

INDOSPORT.COM – Apa jadinya jika seorang pesepak bola memiliki kelainan fisik yaitu kurangnya pendengaran yang dimiliki? Inilah yang terjadi pada salah satu legenda klub Liga Inggris Arsenal dan juga Timnas Inggris, Cliff Bastin.

Cliff Bastin merupakan salah satu penyerang legendaris yang pernah dimiliki Arsenal. Setidaknya hingga era modern saat ini, namanya masih terpampang sebagai pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang masa The Gunners.

Kepiawaiannya menjebol gawang menjadikan namanya harum sebagai salah satu talenta terbaik yang pernah berseragam Arsenal. Sebutlah apa yang didapatkan The Gunners dari sosok Cliff Bastin merupakan keberuntungan yang tak disengaja.

Pertemuan tak sengaja ini bermula dari hadirnya manajer Arsenal kala itu, Herbert Chapman, yang ingin memantau pemain Watford kala meladeni Exeter City. Cliff Bastin yang saat itu berseragam Exeter, mampu membuat manajer The Gunners mengalihkan buruan ke sosoknya.

Alhasil, Arsenal pun mengontraknya dengan bayaran cukup mahal kala itu dari Exeter City. Lalu, sejarah pun diciptakan Cliff Bastin setidaknya untuk klub asal London Utara tersebut.

1. Awal Karir Cliff Bastin

Cliff Bastin lahir di Exeter pada tanggal 14 Maret 1912. Pada usia 14 tahun, ia telah membela tim muda sekolah Inggris yang berlaga di kancah internasional bersama Wales. Takdirnya sebagai pesepak bola pun berlanjut kala ia menandatangani kontrak profesionalnya pertama kali bersama Exeter City pada usia 16 tahun.

Pada usia tersebut pula ia berhasil melakukan debutnya bersama tim Exter di kancah liga. Dalam musim perdananya di tim senior, ia pun berhasil mengemas enam gol dari 17 pertandingan. Catatan apik yang membuat Arsenal bersama Herbert Chapman mengontraknya pada tahun 1929.