Liga Indonesia

3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Permalukan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Selasa, 19 November 2019 07:23 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di pertandingan kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (19/11/19) sore nanti. Tim Garuda nyatanya punya 3 alasan mengapa mereka bisa permalukan Malaysia di Stadion Bukit Jalil.

Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah lebih dulu memainkan pertandingan melawan Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sayangnya, di laga tersebut Tim Garuda dipaksa menyerah 2-3.

Padahal, anak asuh Simon McMenemy sempat unggul dua kali atas Malaysia. Namun, para pemain Timnas Indonesia tak bisa mempertahankan keunggulannya hingga membuat mereka kebobolan di penghujung pertandingan.

Kendati menorehkan kekelahan di pertemuan pertama, akan tetapi Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk meraih kemenangan di markas Malaysia.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk menyajikan 3 alasan mengapa Timnas Indonesia bisa permalukan Malaysia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

1. Punya Kenangan Manis di Bukit Jalil

Timnas Indonesia memiliki kenangan tak terlupakan saat membantai tuan rumah Malaysia di Stadion Bukit Jalil. Itu terjadi ketika Tim Garuda beraksi di semifinal Piala AFF 2004 silam.

Momen kemenangan itu sulit untuk dilupakan, sebab merupakan pertandingan yang penuh drama dan kenangan manis. Pasalnya, Timnas Indonesia mampu mempermalukan Malaysia dengan skor 4-1 saat bertandang ke Stadion Bukit Jalil.

Padahal saat itu Tim Garuda datang ke Stadion Bukit Jalil dengan modal kekalahan di leg pertama semifinal Piala AFF 2004, kala mereka harus menyerah 1-2 dari Malaysia. Namun kekalahan itu mereka jadikan sebagai pemantik semangat.

Sekedar informasi, empat gol yang didapatkan Timnas Indonesia tersebut dihasilkan melalui kreasi Kurniawan Dwi Yulianto, Charis Yulianto, Ilham Jaya Kesuma, dan Boaz Solossa. Mereka sempat tertinggal lebih dahulu oleh gol Muhamad Khalid.

2. Percaya Diri Tinggi

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ruben Sanadi tampak mendapatkan instruksi dari sang pelatih Simon McMenemy, Kamis (05/09/2019). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRuben Sanadi tampak mendapatkan instruksi dari sang pelatih Simon McMenemy, Kamis (05/09/2019).

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, memberikan komentar yang sangat positif sebelum menghadapi Malaysia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dirinya menganggap bahwa ribuan suporter tuan rumah justru membuat anak asuhnya bersemangat.

"Ini hal positif untuk kami. Biasanya di Indonesia kami juga main dengan suporter yang banyak. Bukan cuma di timnas, di klub mereka juga merasakan atmosfer yang sama," ucap Yeyen.

"Kalau bisa kami bilang, tekanan dari suporter Malaysia justru menambah semangat pemain kami," sambungnya.

Dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi tersebut, tentunya akan menjadi modal penting bagi Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan pertama di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

3. Penampilan Moncer Febri Hariyadi

© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol Febri Hariyadi Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSelebrasi gol Febri Hariyadi di Liga 1 2019.

Febri Hariyadi menjadi salah satu pemain yang dipanggil ke skuat Timnas Indonesia. Dirinya bisa menjadi pemain yang mampu membangkitkan Tim Garuda dari keterpurukan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Pada Liga 1 2019, Febri tampil moncer dan mampu mengoleksi 3 gol dan 1 assist dalam satu pertandingan. Total, ia mampu mengumpulkan 9 gol dan 5 assists untuk Persib Bandung di musim ini.

Catatan itu nyatanya sama dengan keloksi gol penyerang andalan Persib, Ezechiel N’Douassel. Penampilan tersebut bisa menjadi modal yang sangat penting bagi Febri untuk mendongkrak produktivitas Timnas Indonesia di lini serang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%