Bola Internasional

Jelang Malaysia vs Timnas Indonesia, Yeyen Tumena: Kita Bersaudara

Selasa, 19 November 2019 17:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Zainal Hasan/Indosport.com
Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena menitipkan satu pesan kepada suporter jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena menitipkan satu pesan kepada suporter jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia.

INDOSPORT.COM - Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena menitipkan satu pesan kepada suporter jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia. Yeyen mengingatkan bahwa Indonesia dan Malaysia adalah saudara.

Timnas Indonesia memang akan menantang Malaysia dalam laga kelima grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. Laga ini akan tersaji di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia Selasa (19/11/19) malam nanti.

Jelang laga ini, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan berjuang sendiri. Federasi sepak bola Malaysia (FAM) menyediakan sekitar 4.500 lembar tiket untuk suporter Timnas Indonesia dan sudah terjual habis.

Sadar akan didampingi suporter Timnas Indonesia, Yeyen Tumena selaku asisten pelatih memberikan satu permintaan. Dia berpesan bahwa sepak bola adalah alat untuk pemersatu.

"Saya menghimbau, terutama suporter Indonesia, sepak bola adalah football family. Pertandingan cuma 90 menit, setelah itu di mana saja kita saudara," ucap Yeyen.

Senada dengan Yeyen Tumena, palang pintu Timnas Indonesia, Yanto Basna juga, melontarkan hal serupa. Baginya persaingan antar dua negara hanya tersaji selama 90 menit di atas lapangan.

"Saya sama seperti coach Yeyen. Malaysia dan Indonesia sama, jadi 90 menit bela negara masing-masing, setelah itu kembali tetap saudara," tukas ia.

Himbauan ini sendiri berkaca dari hubungan panas antara Timnas Indonesia vs Malaysia dalam setiap pertandingan. Contohnya seperti dalam laga di Gelora Bung Karno pada awal September 2019 lalu.

Saat itu beberapa suporter Negeri Jiran sempat harus tertahan di stadion akibat kerusuhan pasca Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia sendiri bisa dibilang jadi peserta paling pesakitan sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda tercatat belum pernah meraih kemenangan dan terpuruk di dasar klasemen Grup G.