Liga Inggris

Jadi Kartu Truf Mourinho, Tottenham Hotspur Punya Jelmaan Eks Persib

Sabtu, 23 November 2019 16:52 WIB
Editor: Coro Mountana
© Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar
Jadi Kartu Truf Mourinho, Tottenham Hotspur Punya Jelmaan Eks Persib. Copyright: © Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar
Jadi Kartu Truf Mourinho, Tottenham Hotspur Punya Jelmaan Eks Persib.

INDOSPORT.COM – Jelang laga debut Jose Mourinho bersama Tottenham Hotspur di Liga Inggris, tampaknya ia akan memakai kartu truf dalam jelmaan eks Persib.

Kehilangan Mauricio Pochettino ternyata tak membuat Tottenham Hotspur harus sedih berlarut-larut. Karena tak sampai 24 jam, Tottenham Hotspur sudah mendapatkan pelatih baru yang akan melanjutkan kerja bagus Mauricio Pochettino yaitu Jose Mourinho.

Eks pelatih Manchester United itu pun langsung dihadapkan pada laga berat dengan bertandang ke markas West Ham United pada malam nanti. Tentunya Mourinho sedang mempersiapkan timnya termasuk kartu truf atau pemain yang akan menjadi andalannya.

Jika melihat dari skuat Tottenham Hotspur saat ini, ada satu pemain yaitu jelmaan eks Persib yang bisa dijadikan andalan bagi Jose Mourinho. Dia adalah Tanguy Ndombele yang disebut-sebut mirip dengan eks Persib, Michael Essien.

Tanguy Ndombele, Jelmaan Michael Essien

Tanguy Ndombele adalah pembelian pemain yang dilakukan Pochettino pada awal musim ini dari Lyon. Menariknya presiden Lyon saat itu, Jean Michel Aulas pernah menyebut bahwa pemain andalannya itu mirip dengan eks Persib, Essien.

“Dia (Ndombele) mengingatkanku pada Michael Essien,” ungkap Aulas seperti yang dinukil dari Squawka.

Faktanya, Ndombele memang merupakan gelandang bertipe box to box layaknya Michael Essien saat dia masih jaya. Ndombele adalah gelandang pekerja keras yang sanggup menjelajahi setiap jengkal lapangan di mana itu mirip juga dengan apa yang dilakukan oleh Essien.

Alasan mengapa Ndombele diprediksi bakal menjadi kartu truf Mourinho adalah karena pria asal Portugal itu memang sangat menyukai gelandang seperti itu. Sebut saja Essien yang bersinar saat masih dilatih oleh Mourinho di mana eks Persib itu menjadi pemain kesayangan.

Lalu di Manchester United, Jose Mourinho yang memang gemar memakai jasa gelandang bertipe box to box akhirnya menemukan Scott McTominay. Singkat cerita Essien dan McTominay berhasil dimaksimalkan oleh Mourinho, maka Ndombele mungkin selanjutnya.

© MUFC/Getty Images
Scott McTominay mencetak keunggulan 1-0 untuk Manchester United ke gawang Huddersfield di Liga Primer Inggris, Minggu (05/05/19). (Foto: MUFC/Getty Images) Copyright: MUFC/Getty ImagesScott McTominay mencetak keunggulan 1-0 untuk Manchester United ke gawang Huddersfield di Liga Primer Inggris, Minggu (05/05/19). (Foto: MUFC/Getty Images)

Kiprah Michael Essien di Persib Bandung

Di masa jayanya, Michael Essien adalah salah satu dari gelandan bertenaga kuda terbaik di Eropa sehingga membuatnya sempat bermain di sejumlah klub besar seperti Chelsea, Real Madrid, hingga AC Milan. Namun ternyata dalam CV-nya, ada satu klub besar yang pernah diperkuatnya.

Tim itu adalah Persib Bandung tepatnya pada ajang Liga 1 2017. Bergabung dengan Persib sebagai marquee player, Essien turun dalam 29 pertandingan dengan catatan 5 gol dan 1 asis sehingga membuatnya begitu dicintai oleh bobotoh.

Selama di Persib, Essien dengan sisa-sisa kejayaannya masih bisa untuk menjaga keseimbangan tim di Liga 1. Hanya saja memang Persib di musim itu tidak mampu berbicara banyak tetapi di sisi lain, Essien menunjukan kelasnya sebagai salah satu box to box terbaik di Eropa.

© Getty Images
Michael Essien saat masing berseragam Real Madrid. Copyright: Getty ImagesMichael Essien saat masing berseragam Real Madrid.

Pada akhirnya patut kita menantikan bagaimana Mourinho memaksimalkan potensi terbaik dari Tanguy Ndombele, jelmaan eks Persib yaitu Essien di Tottenham Hotspur.