Bola Internasional

Malaysia Pernah Memohon Belas Kasih Indonesia di Ajang Sepak Bola Internasional

Minggu, 24 November 2019 16:41 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Isman Fadil
© Malaysia Kini
Menpora Syed Saddiq Lupa, Malaysia Pernah Memohon Belas Kasih Indonesia di Ajang Internasional Copyright: © Malaysia Kini
Menpora Syed Saddiq Lupa, Malaysia Pernah Memohon Belas Kasih Indonesia di Ajang Internasional

INDOSPORT.COM -  Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq mungkin lupa akan masa lalu Malaysia yang pernah memohon belas kasih Timnas Indonesia di ajang internasional, Merdeka Games 1969. 

Beberapa hari ini, publik menyoroti kasus pengeroyokan yang diduga dilakukan suporter Malaysia kepada suporter Indonesia. Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq sempat menyatakan bahwa kabar dan video yang beredar hoaks. 

Jauh sebelum Syed Saddiq lahir, ada kisah di mana Malaysia sempat meminta pertolongan Indonesia demi penyelenggaraan ajang sepak bola se-Asia Tenggara, Merdeka Games 1969. 

Kala itu, Negeri Jiran tengah dilanda masalah besar yang dipicu karena perbedaan etnis. Kekisruhan ini membuat Malaysia terancam batal menggelar Merdeka Games 1969. 

Tuanku Abdul Rahmad selaku Perdana Menteri Malaysia kala itu sempat ragu-ragu lantaran kondisi terbilang tidak aman. Namun, mereka memutuskan untuk tetap menggelar Merdeka Games di bulan Oktober 1969.

Namun, banyak negara yang enggan mengikuti ajang tersebut lantaran kondisi genting di Malaysia. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pun hanya berniat mengirimkan Timnas B ke Merdeka Games.

Dilansir dari Historia.id, menurut buku berjudul, 'Drama Itu Bernama Sepakbola' yang ditulis Arief Natakusumah, Malaysia tetap ingin PSSI mengirim skuat utamanya di ajang bergengsi tersebut. Di masa itu, Timnas Indonesia memang dikenal garang dan kerap disebut sebagai tonggak sepak bola Asia. 

Namun, selain kondisi Malaysia yang genting, PSSI ingin Timnas A berfokus dengan ajang King's Cup di Thailand.

Malaysia pun mencoba berdiskusi kembali dengan PSSI. Ketua Umum PSSI periode 1967-1975, Kosasih Purwanegara. melalui buku, '80 Tahun Bapak' menceritakan, Perdana Menteri Tuanku Abdul Rahman memohon kepada PSSI. 

Dengan surat berlogo PM Malaysia yang ditujukan kepada Kosasih Purwanegara, Tuanku Abdul Rahman memohon belas kasih Indonesia untuk tetap mengirimkan Timnas utama di gelaran Merdeka Games 1969.

PSSI pun akhirnya luluh dan menurunkan skuat utama Timnas Indonesia ke ajang Merdeka Games. Ajang tersebut pun sukses digelar dan skuat Garuda berhasil juara setelah menekuk Harimau Malaya dengan skor 3-2. 

Kesuksesan dalam menggelar Merdeka Games membuat dunia menilai bahwa kondisi Malaysia sudah stabil dan aman.

1