Liga Inggris

Terbongkar! Alasan Mourinho Tak Jadikan Eriksen Starter Lawan West Ham

Minggu, 24 November 2019 16:20 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bryn Lennon/Getty Images
Saat melawan West Ham United pada pekan ke-13 Liga Inggris, Jose Mourinho tidak memasang Christian Eriksen di Starting XI-nya. Copyright: © Bryn Lennon/Getty Images
Saat melawan West Ham United pada pekan ke-13 Liga Inggris, Jose Mourinho tidak memasang Christian Eriksen di Starting XI-nya.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, membeberkan alasan meletakkan Christian Eriksen di bangku cadangan saat pertandingan Liga Inggris 2019-2020 melawan West Ham United.

Pada pertandingan pekan ke-13 Liga Inggris musim ini, Tottenham Hotspur bertandang ke London Stadium untuk menghadapi West Ham United pada Sabtu (23/11/19). Pada laga tersebut, Spurs menang dengan skor 3-2.

Tottenham, yang langsung garang sejak babak pertama, unggul 3-0 lebih dulu melalui gol Son Heung-min (36'), Lucas Moura (43'), dan harry Kane ('49). Meski demikian, The Hammers bisa memperkecil poin melalui gol Michail Antonio (73') dan Angelo Ogbonna (90'+6).

Dengan kemenangan tersebut, Tottenham naik ke peringkat sembilan klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 17 poin. Sementara itu, West Ham United menghuni papan bawah dengan menempati peringkat 16 dengan torehan 13 poin.

Pada debutnya bersama klub tersebut, Jose Mourinho ternyata tidak menurunkan Christian Eriksen sebagai starting XI Tottenham. Padahal, Eriksen sendiri selalu menjadi andalan eks pelatih mereka, Mauricio Pochettino.

Melansir dari berita Liga Inggris laman Football 365, keputusan Mourinho itu ada kaitannya dengan isu Eriksen yang ingin hengkang pada bursa transfer musim dingin (Januari) 2020. Sehingga, Mourinho mulai mencoba tidak terlalu mengandalkannya.

"Pertandingan melawan West Ham memang sangat penting, tapi masa depan klub ini lebih penting. Saya benar-benar ingin bisa mengerti apa yang ada di dalam benak Christian, agar saya bisa membuat keputusan yang tepat," ujar Mourinho.

Hal ini berkaitan dengan ucapannya beberapa waktu yang lalu, di mana sosok berusia 56 tahun itu pernah berkata bahwa ia tidak akan mempertahankan pemain yang memang sudah ingin hengkang.

Christian Eriksen sendiri selama ini memang digosipkan ingin angkat kaki dari klub London Utara tersebut. Kabarnya, ia ingin merapat ke klub-klub Liga Spanyol, seperti Real Madrid atau Atletico Madrid. Namun, selain dua klub itu, saat ini Eriksen juga menjadi incaran Juventus dari Serie A Liga Italia.

Christian Eriksen telah memperkuat Tottenham Hotspur sejak 2013 yang lalu. Bersama klub sepak bola Liga Inggris tersebut, ia mencetak 68 gol dan menyumbang 87 assist dari total 292 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi.