Bola Internasional

Pemain Ini Berpeluang Cetak Rekor ASEAN Pertama yang Juara Liga Jepang

Minggu, 1 Desember 2019 18:19 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© SiamSport.co.th
Theerathon Bunmathan (kanan) berpeluang menjadi pemain ASEAN pertama yang menjuarai J1 League (kasta tertinggi Liga sepak bola Jepang). Copyright: © SiamSport.co.th
Theerathon Bunmathan (kanan) berpeluang menjadi pemain ASEAN pertama yang menjuarai J1 League (kasta tertinggi Liga sepak bola Jepang).

INDOSPORT.COMTheerathon Bunmathan sedang berada di ambang rekor sensasional. Bek sayap asal Thailand ini berpeluang menjadi pemain ASEAN pertama yang menjuarai J1 League (kasta tertinggi Liga sepak bola Jepang).

Dilansir dari Live Sports Asia, Yokohama F. Marinos sebagai klub yang diperkuat Theerathon tengah menempati puncak klasemen J1 League dengan 67 poin. Sedangkan, FC Tokyo sebagai tim yang membayangi Yokohama di peringkat kedua kini mengemas 64 poin.

Dengan satu pekan tersisa, Yokohama Marinos hanya membutuhkan satu poin untuk juara. Lebih spesial lagi, laga pekan terakhir J1 League akan mempertemukan kedua tim. FC Tokyo harus menang dengan selisih empat gol atau lebih jika ingin juara.

Theerathon Bunmathan sendiri baru bergabung pada awal musim 2019 sebagai pemain pinjaman. Namun, ia langsung menjadi bagian penting tim asuhan Ange Postecoglou. Kecepatan dan kemampuan eksekusi bola matinya menjadi andalan.

Pemain berusia 29 tahun itu telah mengemas 29 penampilan di J1 League dengan torehan dua gol dan tiga assists. Tak hanya itu, ia juga tampil empat kali di ajang Piala Liga Jepang. Namun, Yokohama langsung tersingkir dari fase grup.

Sebelum bersinar bersama Yokohama, Theerathon sendiri sudah bersinar di Thailand. Ia menjadi pemain termahal kedua Negeri Gajah Putih kala ditebus Muangthong United dari Buriram United dengan 35 juta baht (16 miliar rupiah) pada 2016.

Selain itu, Theerathon Bunmathan juga menjadi nama langganan di Timnas Thailand. Belum lama ini, ia mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu, Thailand mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0.