Liga Inggris

Prediksi Liverpool vs Everton: Derbi Merseyside yang Pincang Sebelah!

Selasa, 3 Desember 2019 21:10 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Indosport.com
Derbi Merseyside yang mempertemukan Liverpool vs Everton memasuki edisi ke-285 dan akan diselenggarakan pada hari Kamis (05/12/2019) pukul 03.15 WIB di Anfield. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Derbi Merseyside yang mempertemukan Liverpool vs Everton memasuki edisi ke-285 dan akan diselenggarakan pada hari Kamis (05/12/2019) pukul 03.15 WIB di Anfield.

INDOSPORT.COM – Derbi Merseyside yang mempertemukan Liverpool vs Everton memasuki edisi ke-285 dan akan diselenggarakan pada hari Kamis (05/12/2019) pukul 03.15 WIB di Anfield.

Hanya berjarak 1,6 kilometer secara geografis, Liverpool dan Everton berjarak 26 poin di klasemen sementara Liga Inggris. Sementara The Reds berada di puncak klasemen, Everton hanyak berjarak 2 poin dari zona degradasi.

Sejauh ini, Liverpool sedang menjalani musim yang menyenangkan. Berhasil meraih 13 kemenangan dan 1 hasil imbang membuat mereka sama sekali belum terkalahkan di Liga Inggris musim ini. Performa tersebut membuat mereka semakin dekat dengan gelar juara pertama meraka sejak terakhir kali menjadi kampiun Liga Inggris 30 tahun yang lalu.

Walaupun belum terkalahkan dalam 14 pertandingan Liga Inggris sejauh ini, Liverpool gagal mencatatkan clean sheet di semua kompetisi dalam 12 pertandingan. Catatan terburuk sejak tahun 1988.

Kehilangan Fabinho dan Alisson Becker menjadi pukulan berat bagi Jurgen Klopp, mengingat dua sosok tersebut adalah figur kunci atas permainan impresif Liverpool sejauh ini.

Di sisi lain, Everton tampil kesulitan musim ini. Hanya mampu meraih 4 kemenangan dari 14 laga membuat mereka berada di peringkat 17 klasemen sementara Liga Inggris dan hanya berjarak 2 poin dari Southampton yang berada di zona degradasi.

Marco Silva juga tampaknya akan mengincar kemenangan demi mengamankan posisinya sebagai pelatih Everton. Jika mereka akhirnya tunduk pada laga  Kamis, maka bisa dipastikan jika Silva bisa saja mengalami pemecatan. Menyusul beberapa pelatih Liga Inggris yang telah dipecat sebelumnya.

Hanya mencetak 14 gol dari 14 penampilan, Everton menjadi salah satu tim yang paling sedikit mencetak gol di Liga Inggris musim ini. The Toffees agaknya sangat kesulitan mencetak gol walaupun mereka telah menghabiskan 100 juta poundsterling atau sekitar 1,8 triliun rupiah pada bursa transfer kemarin.

Liverpool diharapkan dapat menang dengan mudah, mengingat Everton sedang berjuang mencari kembali performa terbaiknya. Tetapi, Derbi Merseyside bukan suatu pertandingan yang dapat ditentukan hasil akhirnya di atas kertas. Tak jarang derbi ini menghasilkan kejutan yang kemungkinan akan berdampak pada kedua tim.

Apakah Derbi Merseyside edisi ke-285 ini akan menjadi penghambat Liverpool meraih gelar juara seperti apa yang mereka alami musim lalu? Atau derbi kali ini semakin membenamkan Everton ke jurang degradasi?

Player to Watch:

Virgil van Dijk (Liverpool)

Van Dijk baru saja menjadi runner up Ballon D’Or tahun ini setelah performa impresifnya membawa Liverpool meraih trofi Liga Champions musim lalu.

Pekan lalu, saat Liverpool menghadapi Brighton Hove Albion, Van Dijk berhasil mencatatkan namanya dua kali di papan skor setelah berhasil memanfaatkan set piece cemerlang Alexander Arnold. 

Pada laga pekan ke-15 besok, bek kelahiran Belanda ini diharapkan dapat mengawal pertahanan The Reds dan menjadi tembok kokoh yang akan menyulitkan barisan penyerang Everton mencetak gol.

Richarlison (Everton)

Didatangkan pada musim lalu dengan banderol 35 juta poundsterling atau sekitar 642 miliar rupiah membuat Richarlison digadang-gadang menjadi pemain andalan yang akan membantu Everton mengganggu dominasi Manchester City dan Liverpool di Liga Inggris.

Sejauh ini, penyerang berusia 22 tahun ini telah mencatatkan 4 gol dan 2 umpan dalam 14 pertandingan bersama Everton. Eksplosivitas Richarlison diharapkan dapat mengantarkan The Toffees meraih poin saat mereka bertandang ke Anfield hari Kamis besok.

Prakiraan Formasi:

Liverpool (4-3-3): Adrian, Alexander Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Milner. Henderson, Wijnaldum, Salah, Firmino, Mane

Pelatih: Jurgen Klopp

Everton (3-4-3): Pickford, Holgate, Mina, Keane, Sidibe, Davies, Sigurdsson, Digne, Walcott, Calvert Lewin, Richarlison

Pelatih: Marco Silva

Rekor 5 Pertemuan Liverpool vs Everton:

Everton 0-0 Liverpool

Liverpool 1-0 Everton

Everton 0-0 Liverpool

Liverpool 2-1 Everton

Liverpool 1-1 Everton

5 Pertandingan Terakhir Liverpool:

Liverpool 2-1 Brighton

Liverpool 1-1 Napoli

Crystal Palace 1-2 Liverpool

Liverpool 3-1 Manchester City

Liverpool 2-1 KRC Genk

5 Pertandingan Terakhir Everton:

Leicester 2-1 Everton

Everton 0-2 Norwich

Southampton 1-2 Everton

Everton 1-1 Tottenham

Everton 2-0 Watford

Prediksi INDOSPORT:

Liverpool: 65%

Imbang:15%

Everton: 20%

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%