Liga Indonesia

Pilih Klub Lokal, 4 Putra Daerah Ini Sukses Rasakan Gelar Juara Liga Indonesia

Rabu, 4 Desember 2019 10:28 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Rezaldi Hehanusa merupakan putra asli kelahiran Jakarta yang membela klub Persija Jakarta di Liga Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Rezaldi Hehanusa merupakan putra asli kelahiran Jakarta yang membela klub Persija Jakarta di Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah putra daerah yang berhasil merasakan gelar juara Liga Indonesia usai membela klub tanah kelahirannya

Membeli pemain asing adalah hal lumrah bagi klub Indonesia. Begitu pun dengan merekrut pemain dari segala penjuru nusantara.

Namun begitu, ada klub-klub yang memutuskan menggunakan pemain asli daerah untuk mengarungi liga. Tak cuma loyal terhadap klub tanah kelahiran, pemain-pemain ini bahkan ikut mengantarkan klubnya itu ke tangga juara. 

Tak jarang pula ada dari pemain-pemain ini yang cukup lama membela klubnya. Tentu saja prestasi ini terbilang istimewa. 

Berikut ini kami pilihkan empat pemain spesial yang pernah merasakan juara bersama klub daerahnya masing-masing di era Liga Indonesia. 

1. I Made Andhika Wijaya

Bali United sukses menggenggam gelar juara Liga Indonesia musim ini. Walau banyak menggunakan pemain kelahiran non-Indonesia, Bali United juga memiliki beberapa bintang lokal. 

Salah satu pemain itu adalah I Made Andhika Wijaya. Pemain belia ini menjadi andalan Bali United di lini belakang. 

Walau lebih sering menjadi pelapis, namun I Made yang masih berusia 23 tahun mendapat 13 kali kesempatan bermain di Liga 1 2019. Ia pun menjadi kebanggan warga Bali karena sanggup mempersembahkan gelar juara bagi Semeton Dewata musim ini. 

2. Andritany Ardhiyasa

Nama Andritany Ardhiyasa tentu sudah tak asing lagi bagi warga Jakarta. Tak hanya lahir di Jakarta, penjaga gawang satu ini merupakan pemain Persija Jakarta. 

Andritany yang dilahirkan di Jakarta, 26 Desember 1991, memperkuat Persija sejak tahun 2010. Kariernya pun meroket dan dalam beberapa tahun terakhir menjadi kiper utama Macan Kemayoran. 

Puncak pencapaian Andritany bersama Persija tentu saja saat merebut gelar juara Liga 1 2018. Tak cuma Liga 1, musim lalu Andritany juga mengantar Persija menjuarai Piala Presiden. 

3. Rezaldi Hehanusa

Rezaldi Hehanusa adalah pemain kelahiran Jakarta lainnya yang memperkuat Persija. Bule, sapaan akrabnya, merupakan produk asli dari Persija U-21. 

Kini, di usianya yang ke-24 tahun, Rezaldi jadi andalan Persija Jakarta di sayap kanan. Musim lalu, ia merupakan salah satu pilar yang mengantarkan Macan Kemayoran juara Liga 1. 

Setelah mengalami cedera di awal musim, Rezaldi pun kembali diandalkan Tim Macan Kemayoran dalam mengarungi Liga 1.
 
4. Immanuel Wanggai

Di Persipura banyak pemain kelahiran asli Papua. Namun, hanya beberapa yang betul-betul lahir di Kota Jayapura. 

Salah satunya adalah Immanuel Wanggai. Tak cuma berdarah Papua, ia juga lahir di Jayapura, kota asal klub Persipura. 

Immanuel Wanggai sudah membela Persipura sejak tahun 2005 di usianya yang masih sangat belia. Pada rentang 2008-2011 Immanuel Wanggai menjadi bagian dari tim Persipura Jayapura yang tengah berjaya dengan merebut gelar Liga Indonesia. 

Bersama dengan legenda-legenda Papua lainnya seperti Boaz Solossa, Eduard Ivakdalam, sampai Ortisan Solossa, Wanggai merasakan dua kali gelar juara Liga Indonesia